Breaking News

Ribuan Mahasiswa Datangi Gedung DPR, Pintu Tol dan Jalan Gatsu Ditutup

Situasi Senayan, ditengah aksi mahasiswa Senin (11/4/2022). Foto : cctv balitower

WELFARE.id-Sesuai rencana, ribuan mahasiswa dari berbagai kampus tiba di depan gerbang Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022) siang. 

Mereka melakukan aksinya depan gerbang Gedung DPR sekitar pukul 13.51 WIB sambil mengibarkan bendera organisasinya masing-masing. 

Adapun unjuk rasa hari ini digelar mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) untuk mengkritik munculnya wacana perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo. Selain itu juga untuk mengkritik kenaikan harga bahan pokok. 

Koordinator Media BEM SI Luthfi Yufrizal mengatakan, para mahasiswa kini ingin menuntut anggota DPR untuk taat terhadap konstitusi. 

Beberapa bentuk ketaatan terhadap konstitusi yang akan mereka tuntut ialah agar anggota dewan tak mengamendemen UUD 1945 untuk menambah masa jabatan presiden menjadi tiga periode atau menunda pelaksanaan pemilu. 

''Karena kami ingin memastikan konstitusi yang ada berjalan. Maka dari itu kami akan mengawal dari UUD dan memastikan DPR RI melaksanakan konstitusi dengan baik sesuai dengan yang sudah ada,'' katanya. 

Tak hanya mahasiswa, menjelang sore, massa aksi yang mengatasnamakan pelajar Sekolah Teknik Menengah (STM) juga tiba di depan gerbang Gedung DPR/MPR RI. 
Sembari membawa bendera merah putih, mereka melantunkan yel-yel. ''Assalamualaikum, STM datang!'' seru massa pelajar tersebut. 

Rizki, salah satu peserta aksi pelajar yang tidak mengenakan seragam sekolah tersebut mengaku berasal dari kawasan Joglo, Jakarta Barat. ''Berangkat dari Joglo jam 12.00 siang tadi, ramai-ramai. Jalan kaki dari Joglo. Nggak ketemu polisi untungnya,'' katanya. 

Tidak lama setelah dua kelompok massa itu bergabung, massa mulai berupaya menggoyang-goyangkan gerbang Gedung DPR. Di saat itu pula, sejumlah botol air minum beserta isinya pun dilempar ke berbagai arah. 

Melihat massa semakin banyak, polisi pun menutup tiga ruas Jalan Gatot Subroto dari arah Pancoran, Jakarta Selatan, menuju Slipi, Jakarta Jakarta Barat, dan meminta pengendara untuk memasuki jalur bus atau busway. Pintu keluar atau exit tol Senayan di tol dalam kota juga ditutup sementara. 

Penutupan pintu tol itu dimulai pada pukul 14.55 WIB setelah ribuan massa memadati dan menutup Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi. Pengguna jalan tol yang hendak keluar di exit tol Senayan pun diminta untuk menggunakan exit tol selanjutnya. ''14.55 Imbas kegiatan penyampaian pendapat di dpn Gedung MPR/DPR Jl. Gatot Subroto, sementara Exit Tol Senayan lalin dialihkan ke Exit berikutnya,'' tulis akun twitter TMC Polda Metro Jaya. (tim redaksi) 

#demomahasiswa
#gedungdpr
#tmcpoldametro
#bemsi

Tidak ada komentar