Breaking News

Rekor 6 Bulan Tinggal di Orbit, Kapsul Shenzhou Bawa Tiga Astronaut Tiongkok Kembali ke Bumi

Tiga astronaut Tiongkok pulang ke bumi setelah 6 bulan berada di luar angkasa. Foto: Xinhua/Ju Zhenhua

WELFARE.id-Setelah enam bulan berada di luar angkasa, kapsul pesawat ruang angkasa Shenzhou  yang membawa 3 astronaut Tiongkok (China, Red) mendarat di Daerah Otonomi Mongolia Dalam, Tiongkok utara, Jumat (15/4/2022) sebelum pukul 10.00 malam waktu setempat. 

Kapsul Shenzhou mendarat setelah 9 jam diberangkatkan dari modul inti Tianhe dari stasiun ruang angkasa Tiongkok Tiangong. Pendaratan itu mengakhiri misi Shenzhou 13, yang mencatatkan rekor nasional tinggal selama 6 bulan di orbit, sebagian besar di atas Tianhe. 

Misi terlama awak astronaut Tiongkok sebelumnya adalah saat bersama Shenzhou 12, yang mengirim tiga astronout ke stasiun luar angkasa yang baru dibangun selama 92 hari pada tahun lalu atau 2021. 

Tak lama setelah mendarat, ketiga astronaut itu mengirim radio bahwa mereka merasa baik-baik saja setelah misi luar angkasa yang panjang. Pusat Kendali Misi Badan Antariksa Nasional Tiongkok di Beijing menyambut gembira keberhasilan pendaratan tersebut. 

Untuk diketahui, waktu 6 bulan adalah durasi misi astronaut normal ke Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS (program yang bukan bagian yang dilakukan Tiongkok). Namun, beberapa misi ISS bertahan lebih lama.

Misalnya saat astronot NASA Mark Vande Hei dan kosmonot Rusia Pyotr Dubrov baru-baru ini kembali ke bumi setelah 355 hari di laboratorium luar angkasa. 

Shenzhou 13 jadi tanda kebanggaan nasional bagi Tiongkok. Selain itu juga, kebanggaan lainnya saat taikonot (sebutan astronaut untuk Tiongkok) bernama Wang Yaping jadi wanita pertama yang tinggal di atas kapal Tianhe dan wanita Tiongkok pertama yang melakukan perjalanan luar angkasa. 

Wang Yaping bergabung di Shenzhou 13 bersama Ye Guangfu dan Zhai Zhigang, yang memimpin misi. Ketiganya lepas landas pada 15 Oktober 2021, naik dari landasan di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi.

Mereka tiba dalam waktu singkat di Tianhe, bagian utama dari stasiun luar angkasa Tiongkok yang belum selesai dibangun. Laboratorium yang mengorbit pada akhirnya akan mencakup dua modul lagi, yang keduanya direncanakan akan diluncurkan oleh Tiongkok pada akhir tahun ini.

Zhai, Wang, dan Ye sangat sibuk selama enam bulan  tinggal di orbit. Para angkasawan itu melakukan dua perjalanan luar angkasa, melakukan lebih dari 20 eksperimen sains berbeda, dan menyampaikan dua perkuliahan langsung dari Tianhe.

Awak Shenzhou 13 juga meluangkan waktu untuk mempersiapkan Tianhe untuk putaran pengunjung berikutnya, yang akan segera tiba. Misi Shenzhou 14 diperkirakan akan diluncurkan pada awal Juni 2022.

Untuk diketahui, Shenzhou 13 adalah misi berawak kedua ke Tianhe, yang diluncurkan ke orbit rendah Bumi pada April 2021 lalu. Yang pertama adalah Shenzhou 12, yang lepas landas pada Juni 2021 dan mendarat Oktober akhir tahun lalu. 

Dua pesawat ruang angkasa robotik Tianzhou telah mengunjungi Tianhe juga, dan satu lagi diperkirakan akan diluncurkan menuju modul inti bulan depan nanti. (tim redaksi)


#astronaut
#taikonaut 
#misiluarangkasa
#tiongkok
#tianhe
#shenzhou13
#kapsulruangangkasa
#mongoliadalam

Tidak ada komentar