Breaking News

Rasakan Nikmatnya Enam Menu Berbuka Puasa Khas Padang

Bubur kampiun khas Padang bisa jadi takjil yang disantap untuk berbuka puasa saat Ramadan. Foto: Instagram @hanifah_nrm

WELFARE.id-Sumatera Barat dengan ibu kota Padang, jadi salah satu gudang kuliner di Tanah Air. Banyak masakan dari daerah ini yang terkenal. Salah satunya rendang yang rasanya sudah mendunia. 

Begitu juga untuk menu berbuka puasa khas Padang, ada beberapa makanan yang pastinya dijamin tidak akan mengecewakan dan patut dicoba saat Ramadan ini.  

Makanan berbuka puasa itu pastinya sangat menyegarkan seperti bubur kampiun dan es aia aka. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut enam menu buka puasa khas Padang yang wajib dicoba: 

1. Bongko

Berbukalah dengan yang manis-manis, begitulah anjuran yang sering kita dengar. Nah, bongko bisa jadi salah satu pilihannya. Bongko memang menjadi salah satu makanan khas ranah Minang yang lebih mudah ditemukan saat bulan Ramadan. Camilan berbungkus daun pisang satu ini terbuat dari tepung beras dengan campuran santan, gula aren, dan air pandan.

2. Kalio Daging 

Olahan daging sapi memang tidak pernah salah menjadi lauk untuk berbuka puasa. Tekstur yang empuk, lembut, dan bumbu rempah yang meresap menjadi kalio menjadi lauk yang ramai diburu di bulan selama Ramadan. Kalio daging paling nikmat disantap dengan nasi putih hangat dengan kuah santannya yang khas.

3. Bubur Kampiun

Bubur kampiun cukup populer untuk dijadikan sebagai menu takjil. Makanan khas Padang satu ini terdiri dari bubur sumsum, pisang, kolak ubi, candil, ketan hitam, dan bubur delima. Rasa manis dan teksturnya yang lembut membuat siapa pun akan ketagihan saat mencicipi bubur kampiun.

4. Lompong Sagu

Sesuai dengan namanya, menu buka puasa khas Padang satu ini terbuat dari sagu yang dibentuk menyerupai lontong. Sebagai pelengkap, lompong sagu juga dimasak dengan santan, gula merah, pisang kepok, dan parutan kelapa. Cita rasa lompong sagu manis dan gurih, cocok untuk dijadikan santapan usai menahan lapar seharian.

5. Aia Aka

Berbuka puasa memang paling sempurna dengan menu yang menyegarkan seperti aia aka. Minuman legendaris dari tanah Minang ini terbuat dari perasan daun cincau yang diolah hingga berbentuk agar-agar. Di Padang, aia aka juga dikenal dengan sebutan ubek tawa dan sering digunakan sebagai pereda panas dalam. Tidak hanya segar, minuman yang cocok untuk takjil satu ini juga menyehatkan.

6. Gulai Tunjang

Menu buka puasa khas Padang selanjutnya adalah gulai tunjang. Makanan bersantan satu ini terbuat dari kulit kaki yang diolah dengan daun jeruk dan serai. Sebagai pelengkap, gulai tunjang biasa disajikan dengan daun singkong dan sambal hijau. Tidak ketinggalan, tentunya nasi putih hangat. (tim redaksi)


#ramadan
#menuberbukapuasa
#takjilkhaspadang
#sumaterabarat
#makanankhasdaerah
#makanansehat

Tidak ada komentar