Breaking News

Publik RI Meradang! Malaysia Mau Klaim Reog Ponorogo Jadi Warisan Budaya Mereka

Reog Ponorogo. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Malaysia kembali berulah dan bikin publik Indonesia geram. Pasalnya, Negeri Jiran berencana mengajukan Reog Ponorogo sebagai bagian dari warisan budaya mereka.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Menurutnya, Malaysia ingin mengajukan Reog Ponorogo sebagai warisan budaya mereka.

"Untuk Reog, negara Malaysia rencananya mau ajukan juga, maka itu kita harus lebih dulu. Karena ini kan sudah menjadi budaya dan warisan kita,” kata Muhadjir Effendy, dikutip Jumat (8/4/2022).

Menyikapi hal tersebut, publik pun geram dan silahturahmi ke akun resmi negara Malaysia di Instagram @1malaysia_official. Kolom komentar akun Malaysia ini dipenuhi dengan tulisan para netizen Indonesia yang protes kepada negara tetangga ini.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Didik Suhardi menjelaskan, saat ini berkas pengusulan dan kelengkapan Reog telah diterima oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek melalui Direktorat Perlindungan Kebudayaan serta telah diajukan kepada Sekretariat ICH UNESCO pada tanggal 31 Maret 2022 beserta nominasi lainnya, yaitu: Tempe, Jamu, Tenun Indonesia dan Kolintang. Secara kesiapan, video foto dan dokumen sudah disiapkan Kabupaten Ponorogo. 

"Sebelumnya juga sudah diterima oleh Kemendikbud, tapi sampai hari ini belum ada pengumuman lagi," ungkap Didik, dikutip Jumat (8/4/2022).

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan bahwa mereka akan bekerja keras untuk mengupayakan Reog diakui dunia sebagai kesenian dari Indonesia. "Kami akan terus bekerja keras agar ini bisa berhasil lolos. Mohon doanya juga kepada seluruh masyarakat Ponorogo," harapnya.

Jika melihat ke belakang, ini bukan kali pertama Malaysia klaim budaya di bumi Nusantara menjadi milik mereka. Publik Indonesia juga sempat dibuat meradang saat UNESCO menetapkan kain Songket menjadi Warisan Budaya Tak Benda. 

Pengakuan itu diberikan UNESCO pada Desember 2021. UNESCO menetapkan songket Malaysia sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia atau Intangible Cultural Heritage. 

Penetapan itu dilakukan saat sesi ke-16 Intergovernmental Committee for Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Paris, Prancis. Tak hanya songket, batik yang sudah diakui UNESCO pada 2009 menjadi warisan budaya tak benda milik Indonesia juga sempat diakui oleh Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji.

Meski pada akhirnya, Lavanya meminta maaf atas klaim tersebut. Permintaan maaf disampaikan Lava setelah publik Indonesia menggeruduk akun sosial media miliknya.

"Saya mengakui kata batik berasal dari Jawa serta desain dan sejarahnya," tulis Lavanya. Bahkan pada 2010, angklung pun sempat diklaim sebagai budaya Negeri Jiran dan disebut Bamboo Malay.

Berikut 12 warisan budaya tak benda milik Indonesia yang sudah diakui UNESCO:

1. Gamelan
2. Pantun
3. Pencak Silat Indonesia
4. Kapal Pinisi
5. Tiga tari tradisional Bali
6. Noken
7. Tari Saman
8. Angklung
9. Batik
10. Pelatih Batik di Pekalongan
11. Keris
12. Wayang
(tim redaksi)

#warisanbudayatakbenda
#unesco
#milikindonesia
#batik
#klaimmalaysiaterhadapreog
#menkopmk
#muhadjireffendy
#klaimsepihak
#reogponorogo

Tidak ada komentar