Breaking News

Program Hapus Tato Gratis, Media Berdakwah untuk Anak Muda yang Ingin Berhijrah

Komunitas Hijrah Care saat melakukan proses penghapusan tato gratis. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Hadirnya momen Ramadan mengingatkan umat Muslim untuk kembali pada nilai-nilai Islami. Salah satunya dengan berhijrah.

Belakangan, muncul orang-orang yang ingin berhijrah juga sekalian menghapus tato mereka. Akhirnya, muncullah banyak komunitas hijrah yang menawarkan fasilitas hapus tato gratis.

Salah satu komunitas hijrah yang konsen membantu pemuda hijrah menghapus tato adalah Hijrah Care. Hijrah Care merupakan komunitas yang hadir mengiringi geliat dakwah dan fenomena hijrah dikalangan pemuda. 

"Ada fenomena kontras tentang anak-anak muda yang mulai giat menjalankan sunnah, namun di tubuh mereka masih tampak sisa-sisa masa lalu berupa tato. Ada juga efek akibat perdukunan dan dunia klenik yang menyeret mereka ke dunia lain, gangguan yang tidak tampak tapi sangat mereka rasakan, beratnya melaksanakan ibadah sehingga mereka harus berjibaku lebih keras lagi,” demikian keterangan dalam profil Hijrah Care di laman hijrahcare.org.

Kesadaran berhijrah itu akan lebih baik jika ditopang dengan kemudahan untuk melewati fase-fase sulit. Atas dasar itu, mereka memfasilitasi pemuda-pemudi yang telah berhijrah dan ingin menghapus tato. 

Founder Hijrah Care Rifki Rohman dalam laman tersebut mengatakan, Hijrah Care berupaya untuk solutif dalam berdakwah. Tidak hanya menyampaikan kebaikan, tapi mengajak untuk bersama-sama melakukan kebaikan. 

Salah satu solusi yang diberikan adalah memberikan pelayanan hapus tato gratis. Hal itu untuk mewadahi mereka yang ingin kembali ‘bersih’ dari gambar-gambar di tubuhnya sebagai bagian dari proses menjadi "lebih baik".

Selama perjalanan dari 2018, Hijrah Care menghadapi banyak kendala yang dihadapi, termasuk pendanaan untuk berbagai kegiatan. Tapi mereka terus berusaha menghadapi dan menikmati setiap proses dan tantangan itu.

"Yang bikin kita tetap berjalan adalah semangat melakukan kebaikan untuk bekal nanti. Siapa tahu yang menyelamatkan kita di akhirat nanti adalah teman-teman (yang hijrah) ini," kata Rifki, seperti dilansir akun instagram @hijrahcare.

Ada yang unik dari program hapus tato yany dilakukan sejak Agustus 2017 itu. Mereka yang ingin menghapus tato cukup menyetor surah Ar-Rahman. 

Mereka yang belum hafal atau tidak bisa membaca Alquran akan dibantu secara khusus sampai bisa baca dan hapal surat Ar-Rahman selama proses treatment berlangsung. Ia mengatakan, rata-rata perhari, sekitar 10 orang bisa di-treatment setiap sebulan sekali. 

Selain itu mereka terus ‘di-maintenance’ saling bantu dan saling menguatkan agar proses belajar agama tetap istiqomah. Salah satu relawan penghapus tato di Hijrah Care, Dian Anggara Pramudia (28), mengatakan, menghapus tato dan bayar memakai hafalan surah Ar-Rahman semata-mata untuk menguatkan niat orang untuk berhijrah. 

Hijrah Care, kata Dian, mencoba membantu siapa saja yang memang berniat hijrah. Hidup lebih bersih dan istiqomah. 

Cara dan teknik menghapus tato pun terbilang efektif dan aman. Tidak kalah dengan tempat-tempat menghapus tato berbayar.

Menjadikan program hapus tato gratis sebagai media dakwah juga dilakukan Komunitas Sahabat Hijrah. Selain hapus tato, ada juga sejumlah instrumen kekinian lainnya yang menjadi sarana dakwah yang asyik bagi anak-anak muda, mulai dari hijrah camp sampai standup dakwah.

PIC Hapus Tato Kristiyanto atau yang akrab disapa Anto mengatakan, Sahabat Hijrah berawal dari teman-teman yang ingin mengaji bersama. Sementara, ide hapus tato itu sendiri muncul karena ada teman-teman di dalam yang ingin menghapus tatonya, tetapi belum bisa. 
 
Jadi, komunitas ini mengambil inisiatif mengadakan kegiatan hapus tato. "Sebelum ada PPKM itu rutin dua minggu sekali dilakukan usai kajian atau standup dakwah," kata Anto, melansir GenPi.

Namun selama PPKM, kegiatan hapus tato masih diistirahatkan dan akan berjalan lagi jika ada kelonggaran PPKM. Ia menegaskan, komunitasnya tidak memaksakan orang yang masih memiliki tato untuk berhijrah.

Akan tetapi, lanjutnya, jika ada teman-teman yang risih atau malu karena sudah bertato, pihaknya siap membantu untuk menghapusnya. "Alhamdulillah, mesin kami ada. Itu dari teman-teman juga dan donatur yang memberi amanah kepada kami," imbuhnya.

Anto pun bercerita soal kejadian-kejadian unik selama acara hapus tato. Misalnya, ada orang yang awalnya tidak tertarik untuk mengaji, lalu setelah mengikuti hapus tato dan menemukan teman pergaulan yang positif, mereka jadi ikut berubah ke arah yang lebih baik.

"Terapinya tidak bisa sekali juga. Biasanya yang tipis itu butuh 4-5 kali dan itu pun ada jeda sekitar 35 hari," terangnya.

Syarat hapus tato

Enam komunitas di Kabupaten Pati juga terkenal rutin menyelenggarakan kegiatan hapus tato gratis setiap bulan di Masjid Djauharatul Imamah, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Keenam komunitas itu yakni, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Takmir Masjid Djauharatul Imamah, Dawwam selalu pelaksana), Mualaf Center Pati, Pati Berani Hijrah, dan Jaglo Semar Peduli (JSP) Pati.

Salah satu penyelenggara, Anan mengatakan siapapun akan dilayani untuk menghapus tato secara gratis itu. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti kegiatan ini. 

Di antaranya tidak sedang terjangkit COVID-19, memiliki keloid, negatif HIV/Aids, dan diabetes. Kenapa diabetes tidak boleh, karena pengerjaan penghapusan tato memakai laser. 

"Kalau peserta punya riwayat diabetes yang lumayan parah kalau terjadi luka recovery-nya lambat. Maka kita antisipasi,” kata dia, terpisah di awal tahun ini.

Selain itu, peserta juga diminta menyetor hafalan surat pendek. Menurutnya, syarat itu tidak memberatkan para peserta.

"Ada setor hafalan kalau yang untuk pertama itu 3 surat, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Nanti Insya Allah akan kita tingkatkan di surat-surat pendek di Juz Amma,” ulasnya.

Perlu diketahui, para peserta tidak bisa menghapus tato dengan hanya sekali mengikuti terapi ini. Perlu setidaknya empat hingga 15 kali agar tato terhapus dengan sempurna.

"Itu tergantung kualitas tato. Semakin berkualitas semakin lama proses menghapusnya,” imbuhnya.

Selain melayani hapus tato secara gratis, para penyelenggara ini juga memberikan siraman rohani dan ilmu agama kepada para peserta. Hal ini dilakukan agar para peserta juga mempunyai bekal agama yang baik.

"Ada kajian. Ada tausiah tentang thoharoh, seperti tata cara berwudhu. Nanti Insya Allah akan kita adakan tausiah tentang tata cara salat yang benar,” ungkapnya. (tim redaksi)

#komunitasdakwah
#programhapustatogratis
#hijrah
#kajianislami
#komunitashijrahcare
#komunitasahabathijrah
#momenramadan
#tato
#thoharoh

Tidak ada komentar