Breaking News

Presiden Komisi Eropa Kunjungi Kiev

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen. Foto :  the guardian

WELFARE.id-Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen melakukan perjalanan ke Kiev pada Jumat (8/4/2022). Seperti dilaporkan AFP,  perjalanan itu untuk menunjukkan "dukungan teguh" Eropa untuk Ukraina dalam perjuangannya melawan Rusia. 

''Rakyat Ukraina layak mendapatkan solidaritas kami. Itu sebabnya saya akan melakukan perjalanan ke Kiev besok,'' ujarnya kepada wartawan saat berkunjung ke Stockholm. 

Awal pekan ini, Uni Eropa mengumumkan bahwa Von der Leyen akan melakukan perjalanan ke Kiev sekitar "minggu ini", didampingi oleh kepala diplomatik Uni Eropa Josep Borrell. ''Saya ingin mengirim pesan yang sangat kuat tentang dukungan tak tergoyahkan kepada rakyat Ukraina dan perjuangan berani mereka untuk nilai-nilai kita bersama,'' tambahnya. 

Von der Leyen dan Borrell akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, sebelum menghadiri acara Stand Up For Ukraina di Warsawa, Sabtu (9/4/2022). 

Kunjungan petinggi komisi Eropa tersebut merupakan yang kedua kalinya. Setelah Jumat lalu pembicara Parlemen Eropa, Roberta Metsola melakukan perjalanan pertama ke Ukraina oleh kepala lembaga Uni Eropa sejak dimulainya invasi Rusia pada 24 Februari 2022. Kunjungan perdana tersebut juga dilakukan oleh Perdana menteri Ceko, Polandia dan Slovenia. (tim redaksi) 

#komisieropa
#ursulavonderleyen
#invasirusia
#ukraina

Tidak ada komentar