Breaking News

Pesan Jokowi: Seleksi 101 Penjabat Kepala Daerah dengan Baik

Presiden Jokowi meminta mekanisme penunjukkan penjabat gubernur, bupati, dan walikota diajukan Kemendagri untuk kemudian ditentukan oleh presiden. Foto: Biro Pers Kepresidenan

WELFARE.id-Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 setelah tahun 2020, pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan digelar serentak secara nasional pada tahun 2024 bersamaan dengan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg). 

Untuk tahun 2022 ini ada 101 kepala daerah yang masa jabatannya habis dan harus diisi oleh penjabat atau Pj (pemegang jabatan orang lain untuk sementara) hingga digelarnya Pemilu Serentak pada 2024 yang akan memilih pejabat kepala daerah definitif. 

Karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada jajaran menterinya menyiapkan 101 pejabat sementara kepala daerah yang masa jabatannya akan berakhir pada 2022 ini. Jokowi juga mengatakan terdapat 7 gubernur, 76 bupati, serta 18 wali kota yang penjabatnya harus.

”Kita harus menyiapkan penjabat gubernur, penjabat bupati, penjabat wali kota yang berakhir masa jabatannya di 2022 ini. Ada 101 daerah. Disiapkan, jadi karena ada 7 gubernur, ada 76 bupati, dan ada 18 wali kota yang harus diisi,” kata Jokowi saat membuka Rapat Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024 yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (10/4/2022).

Jokowi pun berpesan agar seleksi terhadap figur penjabat yang akan menggantikan posisi kepala daerah tersebut dilakukan dengan baik. Sehingga daerah bisa memiliki pejabat yang memiliki kepemimpinan yang kuat serta kemampuan untuk menjalankan tugasnya dengan baik di tengah situasi ekonomi global yang sulit saat ini.

Selain itu juga, Jokowi berharap persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 nantinya juga dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang baik pula. 

”Saya minta seleksi figur-figur penjabat daerah ini betul-betul dilakukan dengan baik sehingga kita mendapatkan penjabat daerah yang capable, memiliki leadership yang kuat, dan mampu menjalankan tugas yang berat di tengah situasi ekonomi yang tidak mudah, situasi ekonomi global yang tidak gampang,” tandas Jokowi juga. (tim redaksi)

#pemiluserentak2024
#pilkada
#pileg
#pilpres
#presiden
#jokowidodo
#jokowi
#persiapanpenjabat

Tidak ada komentar