Breaking News

Perangi Kelompok Neo-Nazi, Polisi Jerman Lancarkan Operasi Besar-besaran

Kelompok neo-Nazi Combat 18 yang merupakan aktivitas terlarang di Jerman. Foto: AFP

WELFARE.id-Aktivitas neo-Nazi yang membuat ulah masih jadi persoalan serius di Jerman. Karena itu, kepolisian Jerman melakukan penggerebekan terkoordinasi dan serempak terhadap kelompok neo-Nazi di beberapa kota di negara itu pada Rabu pagi (6/4/2022). 

Ratusan petugas kepolisian menggeledah puluhan bangunan yang diyakini jadi markas neo-Nazi di 11 negara bagian federal.
Polisi menargetkan anggota kelompok neo-Nazi dari Combat 18, Divisi Atomwaffen, Knockout 51 dan Sonderkommando 1418. 

Menurut majalah Der Spiegel, seorang tentara aktif termasuk di antara 50 tersangka yang diidentifikasi oleh pihak berwenang sebagai anggota neo-Nazi. Sementara empat dari anggota neo-Nazi ditangkap dalam penggerebekan tersebut.

Dilansir Anadolu Agency, operasi itu dilakukan setelah pemerintahan baru Jerman mengumumkan rencana aksi untuk memerangi rasisme dan ekstremisme sayap kanan. 

Pihak berwenang menghadapi kritik dari kelompok hak asasi manusia (HAM) setempat, karena meremehkan ancaman sayap kanan di Jerman.

Kelompok aktivis HAM juga menilai pemerintah tidak serius menyelidiki kejahatan yang dilakukan oleh ekstremis sayap kanan. 

Menurut LSM Jerman, Amadeu Antonio Foundation, teror anggota sayap kanan negara itu telah merenggut nyawa sedikitnya 218 orang sejak 1989 silam. (tim redaksi)


#jerman
#neo-nazi
#ekstremissayapkanan
#kepolisianjerman
#polisifederal
#combat18
#divisiatomwaffen
#knockout51
#sonderkommando1418.

Tidak ada komentar