Breaking News

Penting! Berikut Tiga Tips Mudah Merawat Kulit saat Ramadan

Ilustrasi. Foto : ist

WELFARE.id - Puasa ternyata memengaruhi kondisi kulit juga lho. Hal ini dikarenakan selama 12 jam berpuasa sembari beraktivitas, tubuh akan mengalami dehidrasi ringan dan nutrisi energi dalam darah berkurang. 

Secara alami pun tubuh akan memprioritaskan cairan dan nutrisi untuk organ-organ penting seperti otak, jantung, dan saraf, sehingga pasokan cairan dan nutrisi bagi kulit berkurang. 

Dokter spesialis kulit dr. Balquist Farida, Sp.KK mengungkapkan, kulit menjadi lebih kering dan berisiko keriput, kusam, dan pucat selama berpuasa. Selain itu, kondisi kulit yang mengalami dehidrasi, di mana kadar air di bawah 10 persen menyebabkan enzim kulit yang meluruhkan sel kulit mati tidak bekerja, sehingga siklus kulit lebih lambat dan membuat sel kulit menumpuk. 

''Berkurangnya jam tidur juga dapat membuat siklus hormonal harian terganggu dan sel kulit kurang beristirahat sehingga berpotensi menimbulkan jerawat,'' jelasnya, dikutip Jumat (22/4/2022). 

Untuk menghindari risiko permasalahan kulit di bulan Ramadan, maka dr. Balquist membagikan tiga tips penting merawat kulit saat berpuasa: 

1.  Penuhi kebutuhan cairan tubuh sebanyak 2 liter per hari 

Dianjurkan minum sebanyak 2 liter air per hari atau setara 8-10 gelas air. Adapun jadwal untuk minum air ini dilakukan pada saat sahur dan berbuka puasa di malam hari. 

2. Pastikan kebutuhan nutrisi tubuh lengkap dan seimbang 

Kebutuhan nutrisi tubuh yang lengkap dan seimbang, terdiri dari protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin dan mineral. Tambahkan asupan vitamin C dan E yang sangat bermanfaat untuk kulit. 

3. Gunakan skincare wajib saat berpuasa 

Pilihlah skincare yang memberikan ekstra air dan menjaga kelembapan. Selain itu, juga diperlukan eksfoliator lembut untuk merangsang pertumbuhan kulit baru. Untuk memperoleh ekstra nutrisi, gunakan skincare yang memberikan ekstra nutrisi yang mengandung ekstrak tumbuhan. 

''Tentu saja, pemilihan skincare ini mesti disesuaikan dengan tipe-tipe kulit masing-masing orang dan disesuaikan dengan masalah yang sedang dialami,'' tukasnya. 

Agar memiliki kulit sehat dan prima di bulan Ramadan, dr Balquist dan CEO Nacific Kim Hyung Min merekomendasi produk-produk yang dapat digunakan saat menjalankan puasa. 

Bagi mereka yang memiliki kulit wajah cerah dan cenderung sangat kering dan tidak mudah berjerawat dapat menggunakan Nacific Fresh Herb Origin Serum. Serum ini mengandung calendula, meadowfoam seed, moringa yang berfungsi untuk mengunci kelembapan. 

Gunakan juga Fresh Herb Origin Cream dengan tambahan niacinamide yang bersifat anti radang, anti oksidan, dan berfungsi sebagai pencerah. 

Untuk kulit wajah yang ingin cerah dan mudah berjerawat, namun tidak terlalu kering dapat mengunakan Phyto Niacin 5 persenseries yang lebih fokus untuk mencerahkan, meredakan peradangan akibat jerawat, dan juga mengandung Hyaluronic Acid yang melembapkan dan tidak menyebabkan berjerawat. 

Sementara itu, bagi pemilik kulit wajah yang berjerawat radang, merah dan luka lecet dapat menggunakan Nacific Acne Cica series, yang berfungsi untuk mengatasi jerawat meradang dan menenangkan. Kandungan Cica akan membantu untuk mengatasi kemerahan dan menenangkan kulit. 

Untuk kulit wajah yang kusam karena banyak kulit mati, berminyak, dan banyak komedo menyumbat dapat menggunakan Pink AHABHA Series. Kandungan AHA dan BHA akan membantu untuk mengeksfoliasi kulit wajah dengan lembut. Kamu juga tidak perlu khawatir karena Pink AHA BHA series mengandung Hyaluronic Acid yang melembabkan. Bagi kulit wajah yang kering dan sensitif dapat menggunakan Real Floral essence dan cream karena terdapat kandungan calendula yang menenangkan dan melembapkan. (tim redaksi) 

#tips
#tipsmerawatkulit
#kesehatankulit
#kecantikan
#lifestyle
#makeup
#skincare

Tidak ada komentar