Breaking News

Pengamanan Demo BEM SI Besok, Ditlantas Polda Metro Jaya Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Ilustrasi aparat keamanan memasang barikade untuk mengantisipasi demo di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat yang berlangsung Jumat (23/7/2021) lalu. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Rencana aksi demo besar-besaran mahasiswa Jabodetabek yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yang mengangkat isu kenaikan harga minyak goreng, PPN, dan Pertamax serta penundaan Pemilu 2024 dan presiden tiga periode membuat aparat keamanan siaga. 

Seperti yang dilakukan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya yang menyiapkan rekayasa lalu lintas menyusul rencana aksi demonstrasi BEM SI yang akan digelar di kawasan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombespol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Istana Negara mulai pukul 08.30 WIB. Di antaranya dengan menutup beberapa ruas jalan dengan menggunakan barrier.

"Penutupan akan dimulai dari Jalan Medan Merdeka Barat yang akan ditutup pukul 08.30 WIB, karena akan dipasang security barrier atau pagar kawat dan juga water barrier di kedua arah," ujar Sambodo dalam keterangannya, Minggu (10/4/2022).

Lalu, kata Sambodo juga, arus lalu lintas akan dialihkan ke Jalan Merdeka Selatan dan Budi Kemuliaan. Lalu akses Jalan Harmoni arah ke Istana Negara juga akan ditutup. Karena itu, ia mengimbau kepada pengendara untuk menghindari kawasan Monas dan Istana Negara, Jakarta Pusat.

Menurut Sambodo lagi, rekayasa lalu lintas dilakukan untuk menghindari adanya aksi unjuk rasa mahasiswa dan agar masyarakat tidak terjebak kemacetan yang parah. 

"Untuk pengamanan di DPR sifatnya situasional dengan melihat perkembangan massa. Jika massa cukup banyak, maka arus akan ditutup dari bawah jembatan layang, dan akan dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda,” papar Sambodo juga.

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara: 

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke Harmoni. 

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokan ke kanan Jalan Perwira. 

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Medan Merdeka Timur. 

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju Bundaran Patung Kuda dibelokan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih. 

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri Jalan Budi Kemuliaan, diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan, diluruskan ke Jalan Abdul Muis. 

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum, diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalin dari Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Muruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokan ke kiri ke Jalan Juanda. 

8. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokan ke kanan Jalan Gajah Mada. 

9. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan menuju ke Jalan Majapahit akan dibelokkan ke Jalan Tanah Abang II. (tim redaksi)

#demomahasiswa
#badaneksekutifmahasiswa
#bem-si
#tolakkenaikanharga
#tolakppn
#tolakpresidentigaperiode
#tolakpenundaanpemilu
#poldametrojaya
#dirlantas
#kombespolsambodopurnomoyogo

Tidak ada komentar