Breaking News

Pemudik Lebaran Tahun Ini lewat Laut Diprediksi Meningkat, Ini Antisipasi Pelindo

Pemudik bersiap memasuki kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang akan membawanya mudik ke Pulau Sulawesi. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Mudik Lebaran 2022 ini diprediksi bakal membludak lantaran dua tahun pulang kampung dilarang oleh pemerintah akibat pandemi Corona. Untuk tahun ini, mudik yang sangat diminati bukan hanya jalur darat tapi juga jalur laut. 

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki memprediksi arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah atau 2022 via laut akan mengalami peningkatan. Meski begitu, Ardhy memastikan, pihaknya telah siap melayani gelombang pemudik Lebaran tahun ini. 

Mulai dari mempersiapkan SDM (sumber daya manusia), fasilitas umum, hingga berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk kelancaran mudik masyarakat.

"Kami memastikan, seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami akan terus siaga untuk meningkatkan protokol kesehatan atau prokes," kata Ardhy melalui keterangan resminya, Kamis (21/4/2022).

Ardhy juga menyebut, bakal ada kenaikan jumlah penumpang yang signifikan setelah pemerintah melonggarkan aturan mudik Lebaran 2022 ini. Meski begitu, pihaknya akan tetap siaga hingga arus balik mendatang.

"Kami (PT Pelindo) bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab untuk mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia," ujarnya juga.

Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, ia berharap mampu menggerakkan, serta mendorong kegiatan ekonomi dan beragam kegiatan masyarakat lainnya. Terutama di kawasan Indonesia Timur.

"Sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut," tandasnya. (tim redaksi)


#lebaran2022
#idulfitri1443hijriah
#mudik
#pulangkampung
#penumpangmelonjak
#ptpelindo
#regionalhead3pelindo 
#ardhywahyubasuki

Tidak ada komentar