Breaking News

Pemenang Oscar Ini Di-blacklist 10 Tahun dari Academy Awards, Buntut Insiden Tampar Chris Rock

Will Smith ketika membacakan pidato kemenangan usia menerima Piala Oscar 2022. Foto: Reuters/ Brian Snyder

WELFARE.id-Keputusan Dewan Gubernur The Academy akhirnya diumumkan. Mereka menjatuhkan sanksi melarang Will Smith untuk menghadiri Academy Awards selama 10 tahun ke depan. 

Larangan itu merupakan buntut dari aksi yang dilakukannya terhadap Chris Rock di atas panggung Oscar 2022. "Academy telah memutuskan, untuk jangka waktu 10 tahun sejak 8 April 2022, Tuan Smith tidak akan diizinkan untuk menghadiri acara atau program Akademi apa pun, secara langsung atau virtual, termasuk namun tidak terbatas pada Academy Awards," Presiden Akademi David Rubin dan CEO Dawn Hudson, melansir cnn.com, Sabtu (9/4/2022).

Keputusan itu dibuat dalam rapat dewan academy yang diadakan pada Kamis (8/4/2022) di Los Angeles. Keputusan itu muncul setelah banyak kalangan memperdebatkan konsekuensi yang harus ditanggung Smith atas aksinya tersebut.

Dalam keputusannya, academy juga menambahkan, bahwa misi Oscar ke-94 dimaksudkan untuk menjadi perayaan banyak individu di komunitas perfilman karena sudah melakukan pekerjaan luar biasa tahun lalu.

"Namun, sungguh sangat disayangkan, saat-saat itu dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya yang kami lihat Mr. Smith tunjukkan di atas panggung," tulis pernyataan itu.

"Selama siaran itu, kami tidak cukup sigap menangani situasi di ruangan itu. Untuk ini, kami minta maaf. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk memberi contoh bagi para tamu, pemirsa, dan keluarga, perhelatan kami ke seluruh dunia. Tapi jami gagal - tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya," imbuh pernyataan itu.

Menyusul pengumuman Dewan Gubernur The Academy, bapak dua anak itu merilis sebuah pernyataan dalam satu kalimat singkat. "Saya menerima dan menghormati keputusan The Academy," kata Will Smith, melansir Comicbook, Sabtu (9/4/2022).

Perlu dicatat, bahwa hukuman yang diberikan oleh The Academy adalah melarang Smith menghadiri acara AMPAS, termasuk Oscar, selama sepuluh tahun. Biasanya pemenang Aktor/Aktris Terbaik tahun sebelumnya akan mengumumkan penghargaan untuk tahun depan.

Namun, dengan adanya sanksi tersebut, Will Smith tidak layak melakukannya. Selain itu, juga perlu diperhatikan bahwa keputusan Dewan Gubernur untuk melarang Smith dari acara mereka selama satu dekade tidak mencegahnya dinominasikan atau memenangi penghargaan lain di Oscar selama waktu itu. 

Ia hanya tidak akan hadir untuk menerima piala jika menang. (tim redaksi)

#insidenpemukulan
#chrisrock
#willsmithpukulchrisrock
#academyawards2022
#pialaoscar2022
#willsmith
#dewangubernurtheacademy
#sanksidilaranghadiriacaraoscar
#sanksi10tahun

Tidak ada komentar