Breaking News

Pemanfaatan Listrik Industri Terus Meningkat

Dukung mobil listrik, PLN memperbanyak SPKLU.  Foto : instagram @pln_id

WELFARE.id-Pemerintah Indonesia saat ini tengah berupaya mengembangkan kendaraan listrik. Bahkan saat ini pun juga sudah bisa dijumpai beberapa pengendara kendaraan listrik, baik mobil maupun motor. Hal ini membuat pemanfaatan listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) oleh kelompok industri otomotif terus meningkat. 

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto mengungkapkan, sebagian industri otomotif memang telah memanfaatkan listrik dari PLN. ''Mereka punya pembangkit listrik sendiri, hanya untuk standby atau emergency,'' ujarnya di Jakarta, dikutip Rabu (6/4/2022). 

Sementara itu, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azzam menjelaskan perusahaan menggunakan penyediaan listrik oleh PLN. ''Kalaupun ada yang dilakukan sendiri, itu dalam rangka mengurangi emisi dan energi baru terbarukan seperti cogen menggunakan gas dan solar panel,'' katanya. 

Bob melanjutkan, untuk tahun 2023 mendatang diharapkan 10 persen sumber energi perusahaan sudah dapat dipasok dari EBT. 

Hal yang sama juga terjadi di industri lain. Ketua Umum Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFI) Redma Gita Wirawasta mengungkapkan, saat ini industri tekstil dan produk tekstil (TPT) umumnya telah beralih menggunakan listrik PLN. ''Saat ini anggota kami sudah mematikan pembangkit listriknya dan beralih ke PLN,'' katanya. 

Redma mengungkapkan, salah satu faktor yang mendorong peralihan yakni sulitnya industri TPT memenuhi pasokan batubara untuk pembangkit sendiri. 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Industri Pengolahan dan Pemurnian Indonesia (AP3I) Jonathan Handoyo mengungkapkan, secara umum kebutuhan batubara industri smelter cukup beragam. "Kalau untuk (smelter) nikel rata-rata sudah pakai listrik (dari PLN) tidak pakai batubara (pembangkit sendiri) lagi,'' tukasnya. 

Jonathan melanjutkan, penggunaan batubara untuk industri smelter memang kian menciut setiap tahunnya. Salah satu faktornya yakni mulai beralihnya industri menggunakan layanan listrik dari PLN. (tim redaksi) 

#pln
#listrikindustri
#mobillistrik
#gaikindo

Tidak ada komentar