Breaking News

Pelaporan Pencemaran Nama Baik Berujung Damai, Ketua KNPI NTT: Tidak Menghapus Kewajiban

Ketua KNPI NTT Hermanus Thomas Boki bersama pengacara pelapor Arfan Tatengan Rawuaten dan penyidik kepolisian saat mediasi di Reskrimsus Polda Polda NTT. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Laporan polisi terkait dugaan tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik yang dilaporkan Arfan Tatengan Rawuaten terhadap Ketua DPD KNPI Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Hermanus Thomas Boki berakhir dengan damai. 

Heri Boki mengatakan,dalam perjuangan mengawal permasalahan dugaan PHK sepihak pada warga yang terjadi Juni 2021 lalu, dirinya dilaporkan oleh Arfan Tatengan Rawuaten dengan nomor: LP/B/269/IX/2021/SPKT Polda NTT tanggal 9 September 2021 dengan tuduhan dugaan tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik.

Tapi proses hukum di kepolisian yang berlangsung sejak 9 September 2021 lalu itu, berujung damai pada Senin (4/4/2022) yang dimediasi dan difasilitasi oleh penyidik Reskrimsus Polda NTT yakni Ipda Joel Ndolu dan Bripka Yusuf T. Peni. 

Mediasi yang berlangsung di ruang rapat Reskrimsus Polda NTT itu dihadiri secara langsung oleh Ketua DPD KNPI Provinsi NTT Hermanus Thomas Boki sebagai terlapor, sedangkan Arfan Tatengan Rawuaten (pelapor) karena tengah berada di Sulawesi diwakilkan oleh pengacaranya. 

Dalam mediasi tersebut, melalui video call WhatsApp dengan pelapor, Heri Boki  menerima jalur restorative justice yakni antara dirinya dan Arfan Rawuaten saling membukakan pintu maaf. Sehingga pelapor dan terlapor sepakat permasalahan yang terjadi diselesaikan secara kekeluargaan atau damai dan tidak lagi dilanjutkan proses hukumnya. 

Selain itu juga, pelapor dan terlapor bersepakat terus berkoordinasi agar hak-hak Mutiara Tanof (eks Karyawan PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Kupang) secepatnya diselesaikan melalui proses yang berlangsung di Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTT. 

Heri Boki juga mengatakan secara pribadi dan mewakili semua rekan-rekan seperjuangan di DPD KNPI Provinsi NTT menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung berbagai perjuangan yang dilakukan DPD KNPI Provinsi NTT selama ini.

”Sekali lagi saya menyampaikan terima kasih. Akhirnya kebenaran menemukan jalannya sendiri. Saya dan pak Arfan telah berdamai, namun perdamaian tidak serta merta menghapus kewajiban,” tandasnya juga. (tim redaksi)


#perdamaian
#poldantt
#kasuspencemarannamabaik
#ketuadpdknpintt
#hermanusthomasboki
#arfantatenganrawuaten
#ptbosowaberlianmotorcabangkupang

Tidak ada komentar