Breaking News

Pasukan Rusia Luncurkan Roket ke Stasiun Kereta, 30 Warga Ukraina Tewas

Sejumlah tentara Ukraina mengevakuasi mayat setelah serangan roket menewaskan sedikitnya 30 orang pada Jumat (8/4/2022) di sebuah stasiun kereta api di Kramatorsk, Ukraina timur, yang digunakan untuk evakuasi sipil. Foto: AFP


WELFARE.id-Serangan artileri berat militer Rusia kembali memakan korban warga sipil Ukraina. Kali ini, dua roket pasukan Rusia menyasar stasiun kereta api di Ukraina timur. Akibatnya, lebih dari 30 orang tewas dan 100 lainnya terluka.

Serangan roket itu terjadi saat warga sipil Ukraina berusaha melarikan diri ke daerah yang lebih aman di negara itu, menurut keterangan perusahaan kereta api pemerintah setempat.

Disebutkan juga bahwa dua roket Rusia menghantam stasiun kereta api yang ada di kota Kramatorsk yang digunakan untuk evakuasi warga sipil dari wilayah yang digempur pasukan Rusia.

"Menurut data operasional, lebih dari 30 orang tewas dan lebih dari 100 orang terluka dalam serangan roket di stasiun kereta api Kramatorsk," jelas Perusahaan Kereta Api Ukraina seperti dikutip dari laman The Canberra Times, Jumat (8/4/2022).

Militer Rusia belum menanggapi laporan serangan dan tewasnya puluhan korban jiwa tersebut. Selama ini, militer Rusia kerap membantah menargetkan warga sipil sejak menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022 lalu.

Sementara itu, Gubernur Donetsk, Pavlo Kyrylenko mengatakan ribuan orang yang hendak dievakuasi berada di stasiun saat dua roket menghantam.

”Rashists (Fasis Rusia) sangat tahu kemana tujuan mereka dan apa yang mereka inginkan. Mereka ingin menyemai kepanikan dan ketakutan, mereka ingin mengambil nyawa warga sipil sebanyak mungkin," jelasnya.

Kyrylenko menerbitkan sebuah foto online yang menunjukkan beberapa mayat bergeletakan di tanah di samping tumpukan koper dan barang bawaan lainnya yang dibawa warga sipil Ukraina untuk menyelamatkan diri dari lokasi pertempuran. 

Dalam foto itu juga terlihat polisi Ukraina bersenjata mengenakan jaket antipeluru berdiri di samping puluhan bergeletakan tersebut.

Menurut keterangan Perusahaan Kereta Api Ukraina,  akibat tragedi itu tiga kereta api yang membawa warga sipil di wilayah yang sama dihentikan pada Jumat (8/4/2022). (tim redaksi)


#perang
#invasimiliter
#rusia
#ukraina
#rokethantamstasiunkereta
#senjataberat
#wargasipiljaditarget

Tidak ada komentar