Breaking News

Nah Lho, Menteri BUMN Sebut Ada Dugaan Mafia Bibit di Sektor Pertanian

Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Istimewa/ Antara

WELFARE.id-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tiba-tiba mengatakan, adanya dugaan mafia bibit di sektor pertanian. Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan kuliah umum di Universitas Padjadjaran (Unpad) yang ditayangkan secara virtual, dikutip Senin (25/4/2022).

Erick menyebut, adanya dugaan keberadaan mafia-mafia tersebut menyebabkan bibit yang diterima petani salah, sehingga membuat kualitas hasil panen menurun. "Bibit pun ada mafianya. Banyak petani mendapat bibit yang hybrid, yang salah. Sehingga ketika tumbuh tidak menghasilkan yang baik," ujarnya.

Meski demikian, Erick tidak menjelaskan secara rinci siapa mafia-mafia bibit tersebut. Namun ia meminta PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk memperketat pengawasan dan mendampingi agar kualitas bibit yang diberikan kepada petani terjamin.

"PT Pupuk Indonesia mendampingi, memberikan pupuk tepat waktu, bibit yang benar," imbaunya. Lebih lanjut, Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah itu juga mengingatkan pentingnya memperhatikan kesejahteraan petani. 

Menurutnya, saat ini petani harus dijadikan sebagai subjek, alih-alih objek. "Kenapa? Tadi saya sampaikan, pangan akan menjadi ancaman. Karena itu kita punya program Makmur, di mana petani mendapat pembiayaan dari bank-bank himbara," terangnya.

Tidak hanya itu, ia menilai BUMN dan sektor swasta harus menjadi off taker terhadap sejumlah hasil pertanian untuk beberapa komoditas, seperti jagung, padi, kopi, kelapa sawit, dan gula tebu. "Memang belum semua. Belum bisa cabai, belum bisa bawang, karena memang kita korporasi, kita harus mencari dana sendiri," ulasnya.

Menanggapi adanya dugaan mafia bibit yang dilontarkan Erick, Wasekjen Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP Partai NasDem Hermawi Taslim berkomentar. "NasDem perlu menanggapi Erick Thohir karena publik tahu bahwa Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian) adalah kader NasDem yang ditugaskan untuk membantu Jokowi," kata Hermawi dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (25/4/2022).

Pasca isu adanya mafia bibit di sektor pertanian berhembus, NasDem pun mendesak Erick Thohir untuk segera memberikan penjelasan yang lebih spesifik tentang mafia bibit di Kementan. 

"Kalau hal itu ada (mafia bibit), maka NasDem akan mendesak Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk mengundurkan diri dari kabinet karena telah mencederai pengabdian restorasi yang diamanatkan oleh partai kepada beliau," tegasnya.

Lebih jauh, jika memang ada bukti kuat terkait dugaan penyimpangan di Kementerian Pertanian, maka NasDem pun meminta KPK atau Kejaksaan Agung untuk segera mengusut tuntas. Di sisi lain, NasDem juga mempertanyakan adanya pernyataan yang terkesan tiba-tiba dari Menteri BUMN Erick Thohir terkait adanya mafia di Kementan. 
 
"NasDem juga ingin bertanya kepada Erick Thohir, kok ujug-ujug ngomong soal mafia di Kementan. Apakah Erick Thohir sedemikian yakin bahwa di Kementerian BUMN tidak ada mafia?" tanya Hermawi. (tim redaksi)

#menteribumn
#erickthohir
#dugaanadanyamafiabibit
#nasdem
#syahrulyasinlimpo
#kadernasdem
#kementerianpertanian
#ptpupukindonesia

Tidak ada komentar