Breaking News

Motif HRD Berinisial BS Terungkap, Nekat Merampok Bank Akibat Terlilit Utang Rp1,5 M

Pelaku kejahatan. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Siapa sangka, seorang HRD bank bergaji Rp60 juta perbulan nekat membobol bank. Aksi nekat tersangka berinisial BS (43) ini tentu tak pantas dicontoh.

Dirinya melakukan perampokan Bank Jawa Barat (BJB) di Cilandak, Jakarta Selatan gara-gara dililit utang jumbo. Usai penangkapan, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit mengatakan, dari hasil pemeriksaan tersangka diketahui memiliki utang sebesar Rp1,5 miliar. 

"Tersangka utangnya Rp1,5 miliar. Utang pokoknya Rp1 miliar, bunganya Rp500 juta," ujar Ridwan kepada wartawan, dikutip Kamis (7/4/2022).

Ridwan menambahkan, utang tersangka BS dimulai sejak Januari 2022. Pembayaran utang tersebut harus dipenuhi tersangka pada April 2022. 

Namun, dengan alasan tidak punya uang dan juga waktu tempo bayar utang yang semakin dekat, membuatnya nekat melakukan aksi perampokan.  "Dia (utang) bukan ke rentenir sih minjamnya, (ke) kenalannya. Dia pernah kenal dengan orang itu. Iya betul, (Januari) harus dikembalikan dalam waktu tiga bulan," bebernya. 

Tersangka meminjam uang tersebut untuk modal bisnis dan panik saat sudah mendekati jatuh tempo. "Di mana di hari Jumat nanti itu sudah jatuh tempo utangnya. Dan yang bersangkutan harus membayar utang dan terus dikejar oleh yang meminjamkan uang. Sehingga timbul pikiran nekat untuk melakukan kejahatan," paparnya lagi. 

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi menambahkan, tersangka adalah pegawai di sebuah bank swasta dengan jabatan HRD dan juga mempunyai gaji bulanan sebesar Rp60 juta. 

Jadi yang bersangkutan sebenarnya dari latar belakangnya, yang bersangkutan adalah pegawai di salah satu bank swasta, posisinya cukup bagus sebenarnya, staf HRD. 

"Dan kalau dilihat dari penghasilan atau gajinya itu sudah cukup besar, kalau tidak salah Rp60 juta per bulan," ujarnya. BS ditangkap setelah melakukan percobaan perampokan di BJB Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (5/4/2022). Tersangka bahkan sempat melepaskan tembakan ke arah teller, tetapi beruntung tidak ada korban jiwa. (tim redaksi)

#perampokanbank
#kriminal
#terlilitutang
#pegawaibankswasta
#aksiperampokan

Tidak ada komentar