Breaking News

Misa Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta Digelar Online dan Offline

Misa perayaan Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, sebelum pandemi COVID-19. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Gereja Katedral Jakarta menggelar tiga kali misa Jumat Agung, Jumat (15/4/2022). Misa untuk mengenang sengsara dan wafat Yesus Kristus di kayu salib itu digelar secara online dan offline.

Adapun misa Jumat Agung dilakukan pukul 12.00 WIB (online), 15.00 WIB (offline dan online), dan 18.00 WIB (offline dan online). Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie mengatakan, kapasitas umat yang mengikuti Jumat Agung saat ini masih dibatasi karena penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 di wilayah Jakarta.

"Kapasitas di Katedral itu hanya 1.105, karena kita dalam PPKM level 2 jadi ditetapkan maksimal hanya 75 persen," kata Susyana kepada wartawan, dikutip Jumat (15/4/2022). Dia menambahkan, bagi umat yang ingin mengikuti misa Jumat Agung secara langsung, harus telah melakukan pendaftaran pada website Belarasa milik Keuskupan Agung Jakarta.

"Mereka datang harus membawa QR code yang sudah diperoleh dari pendaftaran melalui website Bela Rasa, lalu nanti disertai pengecekan KTP," terangnya.

Namun, ia mengungkapkan, saat ini kapasitas sudah penuh oleh umat yang telah mendaftar. Susy juga menjelaskan bahwa Gereja Katedral melaksanakan Jumat Agung dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Harus diukur suhu tubuhnya, kemudian cuci tangan di air mengalir dengan sabun, masker tidak boleh dibuka, dan jaga jarak," imbaunya.

Sementara itu, Gereja Katolik Santo Barnabas di wilayah Tangerang Selatan lebih fleksibel dalam menerapkan aturan mengikuti misa Jumat Agung secara offline. Misa digelar tiga kali, yaitu pukul 14.00, 16.30, dan 19.00.

Umat yang hendak mengikuti misa, apabila kesulitan mendaftar di website Belarasa KAJ boleh membawa KTP ke gereja. Dengan menyertakan kertas yang berisi nama, NIK, dan no HP.

"Untuk memudahkan pendataan tracing jika ada sesuatu hal. Ini terkait prokes COVID-19," jelas salah satu petugas gereja. (tim redaksi)

#misajumatagung
#keuskupanagungjakarta
#gerejakatedraljakarta
#belarasa
#prokesketat
#qrkode

Tidak ada komentar