Breaking News

Menikmati Ngabuburit saat Ramadan di Alun-Alun Kota Bogor

Warga menikmati berwisata gratis selama Ramadan ini di Alun-Alun Kota Bogor. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kini, warga Kota Bogor memiliki tempat ngabuburit baru. Yakni, Alun-Alun Kota Bogor yang kini menjadi tempat ngabuburit warga setempat. Kebanyakan warga berdatangan ke Alun-Alun Bogor menjelang buka puasa saat Ramadan 1334 Hijriah ini.

Pantauan di lokasi Sabtu (16/4/2022), masyarakat nampak antusias bahkan enggan pulang meskipun penjaga taman telah mengumumkan agar segera bersiap meninggalkan area alun-alun karena waktu berbuka puasa akan tiba sebentar lagi dan waktu penutupan Alun-Alun Kota Bogor.

Tidak peduli pria atau wanita, kecil atau dewasa, masyarakat seolah betah bercanda gurau sambil memainkan sejumlah fasilitas rekreasi yang disediakan gratis yang di Alun Alun Bogor tersebut. 

Hingga pukul 16.45 WIB, masyarakat masih sibuk bergantian menjajal sejumlah permainan, seperti ayunan, jungkat-jungkit, serta fasilitas olahraga lainnya bagi orang dewasa yang ada di tempat tersebut.

Ketika disapa, rata-rata warga yang datang merupakan warga yang jauh tinggalnya dari Kota Bogor. Lokasi Alun Alun Bogor yang berada di tengah kota, sangat mudah diakses oleh masyarakat. 

Alun Alun Bogor lokasinya dekat dengan Stasiun Bogor, Balai Kota Bogor, Masjid Agung yang masih dalam proses pembangunan, Pasar Kebon Kembang, Pasar Anyar, serta Markas Polresta Bogor Kota, Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor.

Lukmanul Hakim, salah satu penjaga Alun-Alun Kota Bogor  mengatakan keramaian selama Ramadan belum seperti hari-hari biasa pada awal-awal peluncuran. Namun keceriaan sekitar ratusan masyarakat setiap hari juga membuat penjaga tidak boleh lengah.

Operasional Alun-Alun Kota Bogor itu saat peluncuran pada Jumat (17/12/2021) lalu yang bertepatan dengan ulang tahun Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Dua hari kemudian, Alun-Alun Kota Bogor resmi dibuka untuk umum pada Minggu (19/12/2021).

Kemudian warga sempat tidak diperbolehkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam hal ini Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) setempat karena saat  bersantai dan bermain, warga banyak yang tidak menghiraukan imbauan jangan menginjak rumput dan menjaga kebersihan.

Rupanya, kebijakan itu berlanjut atas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Pemerintah (PPKM) level 3 yang berlaku di seluruh Indonesia pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Hingga Alun-Alun Kota Bogor ditutup untuk umum. 

Pemerintah Kota Bogor baru membolehkan warga bermain di alun-alun lagi pada Senin (14/3/2022) ketika Kota Bogor masuk PPKM level 2. Akan tetapi, pengunjung tetap dibatasi hanya 75 persen dan diberi waktu akses dari pukul 06.00-17.00 WIB. Kebijakan ini masih berlangsung hingga  Ramadan ini.

Lukman juga menuturkan, meskipun telah diperbolehkan berkapasitas 75 persen pengunjung, warga yang mendatangi ruang terbuka bermain dan bersantai selama Ramadan ini belum begitu banyak.

Padahal, kini Pemkot Bogor bekerja sama dengan PT. KAI telah memberikan fasilitas tambahan yakni layanan jaringan internet tanpa kabel atau Wifi gratis dengan kapasitas 2.000 mbps kepada pengunjung Alun-Alun Bogor.

Selain itu, masyarakat perlu takjil atau makanan untuk berbuka puasa juga tidak perlu terlalu bingung, karena pedagang kaki lima (PKL) mulai bermunculan dan dekat dengan pedagang makanan di sekitar Pasar Kebon Kembang dan Pasar Anyar. (tim redaksi)



#ngabuburit
#alunalunkotabogor
#pemkotbogor
#lokasiwisatagratis
#bermaindanolahraga
#walikotabogor
#bimaaryasugiarto

Tidak ada komentar