Breaking News

Mau Mudik Aman dan Nyaman, Berikut 10 Tips dari Mabes Polri

Sejumlah kendaraan roda empat yang hendak mudik ke wilayah Jawa Tengah terlihat membawa barang di atap kendaraannya saat melintasi Tol Palimanan tahun 2019 lalu. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Ramadan sudah dipenghujung waktu, dan Idul Fitri 1443 Hijriah tinggal menghitung hari. Pekan depan, arus mudik warga yang ingin pulang kampung sudah mulai mengalir terutama dari Jabodetabek menuju kota-kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera. 

Polri pun telah menyiagakan ratusan puluhan ribu personelnya yang akan berjaga selama 24 jam untuk mendukung kelancaran mudik tahun ini seperti yang diperintahkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Tapi bagaimanakah mudik yang aman dan nyaman sampai kampung halaman?

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo membagikan 10 tips mudik aman, sehat bagi masyarakat yang bakal melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman pada Lebaran 2022 ini. 

Menurut dia, bila masyarakat menerapkan 10 tips mudik ini, maka akan merasakan pulang ke kampung halaman dalam kondisi tenang dan bahagia. "Pertama, pastikan rumah ditinggal mudik dalam keadaan terkunci," terang Dedi kepada wartawan, Sabtu (23/4/2022).

Tips yang kedua, ujar Dedi lagi, menginformasikan rencana kepulangan (mudik) kepada tetangga atau kerabat yang tidak melaksanakan mudik. Atau istilahnya menitipkan rumah untuk jaga, sehingga kalau terjadi peristiwa dengan rumah bisa langsung dikabari.
Yang ketiga, pemudik juga bisa menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas untuk didata bila tempat tinggalnya ditinggal mudik. Keempat, apabila menggunakan kendaraan pribadi harus dicek semua kendaraan yang akan digunakan demi keselamatan di jalan.

Selanjutnya, tips kelima, apabila masyarakat menggunakan kendaraan umum, pastikan hanya membawa barang yang diperlukan. Hindari untuk membawa barang berharga yang berlebihan.

Lalu keenam, untuk memastikan adanya kekebalan dan imunitas terhadap COVID-19 saat mudik, warga diimbau untuk melengkapi vaksinasi hingga dosis III atau booster (penguat). 

"Saat berkendaraan patuhi rambu-rambu lalu lintas. lstirahatlah di rest area yang ada bila terasa lela, guna menghindari kecelakaan," kata Dedi juga. Tips berikutnya, bila mengalami gangguan di jalan bisa menghubungi pos pam atau pos pelayanan kepolisian di jalur mudik.

"Yang terakhir, tetap disipilin protokol kesehatan dalam berkegiatan. Mari wujudkan mudik aman, sehat dan bahagia," cetus jenderal bintang dua ini juga. 

Untuk diketahui, untuk mendukung kelancaran arus mudik tahun ini, sebanyak 144.392 personel gabungan diturunkan. Personel gabungan terdiri atas 876 personel Mabes Polri, 87.004 personel Polda jajaran, dan 56.512 personel dari instansi terkait, seperti TNI, BNPB, BMKG, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, satuan polisi pamong praja, dinas perhubungan, dinas kesehatan, pramuka dan mitra Kamtibmas.

Seluruh personel tersebut akan mengisi 2.702 posko yang terdiri dari 1.710 pos pengamanan, 734 pos pelayanan, dan 258 pos terpadu yang tersebar di sepanjang jalur mudik. 

Pengamanan yang dilakukan jajaran Polri meliputi 101.454 objek pengamanan, terdiri atas 90.796 masjid, 4.324 pusat perbelanjaan, 4.326 objek wisata, 833 terminal, 666 pelabuhan, 299 stasiun kereta api dan 210 bandara. (tim redaksi)


#mudik
#lebaran2022
#idulfitri1443hijriah
#mabespolri
#kadivhumas 
#irjenpoldediprasetyo

Tidak ada komentar