Breaking News

Makin Segar Saat Buka Puasa, Yuk Bikin Rujak Aceh

Rujak Aceh. Foto : instagram @qyu.kitchen

WELFARE.id-Gizi seimbang diperlukan agar kita tetap sehat. Namun, banyak masyarakat yang kurang berminat pada konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk menjaga asupan gizi seimbang. 

Sebab, makanan olahan, cepat saji, tinggi kalori, tinggi gula, tinggi garam, dan tinggi lemak sering kali lebih menarik untuk dikonsumsi. Padahal, makanan tersebut perlu dibatasi karena dapat berdampak negatif pada tubuh, termasuk pemicu penyakit serius. 

Chef Yuda Bustara pun menyarankan untuk memasak sendiri makanan karena terjamin gizi dan kebersihannya. Dengan begitu, kita dapat mengatur jenis gizi dan makanan apa yang kita butuhkan untuk mencukupi nutrisi. ''Selain itu, dengan masak sendiri kita bisa mengatur budgeting (anggaran) dengan lebih baik,'' ujarnya. 

Tips makan sayuran dan buah lebih menarik 

Bila kita bosan dengan menu sayur dan buah itu-itu saja, Chef Yuda memberikan tips konsumsi sayur dan buah agar lebih menarik. 

Chef Yuda Bustara membagikan tips memasak Rujak Aceh yang menyegarkan dan bisa dikonsumsi kapan saja. 

Bahan rujak Aceh 

-Aneka Buah (masing-masing 100 g): ½ buah nanas, 2 buah ketimun ukuran sedang, 5 buah jambu air ukuran sedang, 1 buah bengkuang, 1 potong sedang pepaya, 1 gelas belimbing kolang kaling yang sudah direbus dengan menambahkan sedikit (1/4 sdm) gula pasir. 

-Saus mangga kuweni 

Siapkan 150 gram buah daging mangga kuweni (3-4 buah), (Jika tidak tersedia maka dapat menggunakan mangga jenis lain), 3 buah cabe rawit, secukupnya (20 gr) gula merah/gula aren, ½ sdt garam, ½ gelas belimbing air asam. 

Cara membuat: 

-Saus mangga: Blender daging buah mangga beserta bahan lainnya. Lalu saring menggunakan saringan agar lembut, jangan lupa tes rasanya. 

-Selanjutnya cuci bersih buah-buahan dalam air yang mengalir. Lalu potong buah ukuran persegi dan campur dengan saus mangga yang sudah dibuat. 

-Simpan di dalam wadah tertutup dan dinginkan dalam lemari es. Rujak aceh siap dihidangkan dalam keadaan dingin. 

Imbangi dengan aktivitas fisik 

Selain pola makan seimbang, Chef Yuda menyarankan untuk mengimbanginya dengan aktivitas fisik atau olahraga. 

Pasalnya, banyak gerak dapat mendorong tubuh lebih aktif sehingga mengurangi potensi masalah penyakit serius. ''Pastikan berolahraga, misalnya untuk membuat massa otot, semuanya harus benar-benar balance,'' lanjutnya. 

Sebagai tambahan, olahraga dapat memicu endorfin atau hormon penghilang rasa sakit atau pereda stres alami. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit sehari agar tubuh lebih bugar, otot lebih kuat, dan pikiran lebih tenang. (tim redaksi) 

#rujakaceh
#chefyudabustara
#resep
#menubukapuasa
#kreasimakanankayaserat

Tidak ada komentar