Breaking News

Makanan Khas Betawi yang Sangat Dirindukan saat Lebaran

Tape uli merupakan salah satu makanan Lebaran khas Betawi yang menjadi favorit banyak orang. Foto: cookpad.com

WELFARE.id-Salah satu hari spesial umat Islam adalah Hari Raya Idul Fitri. Salah satu yang paling ditunggu adalah beragam hidangan yang disajikan ketika menyambut tamu yang berkunjung untuk bersilaturahmi. 

Bagi warga yang tinggal lama Jakarta, ada makanan khas yang wajib disajikan saat Hari Lebaran tersebut. Berikut ini rangkuman makanan Lebaran khas Betawi yang menjadi favorit banyak orang yang tinggal di DKI Jakarta dan sekitarnya. 


1. Ketupat Betawi
Ketupat memang identik dengan perayaan Idul Fitri di Tanah Air. Namun, sajian lebaran khas Betawi menyajikan ketupat dengan lauk semur daging, sayur godog, dan sambal. Kombinasi hidangan tersebut sangat akrab di kalangan masyarakat Betawi dan juga warga yang lama tinggal di Jakarta.

2. Semur Daging
Semur daging jadi teman makan ketupat, semur daging khas Betawi merupakan makanan wajib saat hari Idul Fitri. Makanan ini biasanya dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu atau rempah. Rasanya sangat nikmat ketika disantap bersama ketupat dan sayur godog.

3. Asinan
Setelah menyantap ketupat bersama semur daging atau opor, akan lebih lengkap jika ditemani asinan. Asinan juga merupakan makanan Lebaran khas Betawi yang terbuat dari sayuran mentah. Rasanya yang pedas dan segar membuat makan bersama ketika Idul Fitri menjadi lebih menyenangkan.

4. Kembang Goyang
Kue renyah dengan cita rasa manis gurih ini adalah makanan Lebaran khas Betawi yang juga disukai berbagai kalangan. Nama kue ini unik karena dibuat dengan cetakan berbentuk bunga (kembang) yang panas, lalu adonan tepung yang menempel pada cetakan itu digoyangkan sehingga jatuh di atas minyak panas.

5. Biji Ketapang
Biji Ketapang adalah kue kering yang terbuat dari tepung terigu dan kelapa. Teksturnya renyah, serta rasanya manis dan gurih. Jajanan tradisional ini banyak dihidangkan kepada sanak saudara yang berkunjung ke rumah.

6. Akar Kelapa
Makanan ini dinamakan akar kelapa karena bentuknya yang memanjang dan memiliki bentuk bergerigi mirip akar kelapa. Biasanya jajanan tradisional ini disediakan bersama biji ketapang. Rasanya gurih dan manis, serta teksturnya renyah. Cocok untuk teman bercengkrama kala kerabat berkunjung ke rumah.

7. Kue Sagon
Kue kering ini terbuat dari parutan kelapa, tepung ketan, dan gula. Kombinasi itu membuat tekstur kue sangat unik dengan rasa manis dan gurih. Aslinya, kue ini berasal dari suku Jawa, namun kemudian banyak disuka masyarakat Betawi. Sehingga kita akan menemukan kue sagon sebagai makanan Lebaran khas Betawi.

8. Kerupuk Bawang
Kerupuk Bawang menjadi favorit para pecinta makanan gurih. Dia terbuat dari adonan tepung dengan aroma bawang yang sedap. Biasanya, kerupuk bawang dinikmati langsung, atau dijadikan sebagai teman lauk saat menikmati mie atau nasi.

9. Manisan Kolang-Kaling
Masyarakat Betawi memang penggemar manisan, karena manisan dianggap bisa membuat hidup lebih manis. Salah satu manisan yang banyak ditemui sebagai hidangan Lebaran khas betawi ialah manisan buah atep atau manisan kolang-kaling.

10. Manisan Pepaya
Masyarakat Betawi biasanya juga menghidangkan manisan pepaya saat Lebaran. Sayangnya, makanan Lebaran khas Betawi ini mulai jarang ditemui. Sebab cara membuatnya cukup rumit. Dan tidak mudah menemukan pepaya yang pas untuk membuat manisan.

11. Kue Satu
Kue kering ini juga cukup jarang ditemui. Makanan yang terbuat dari tepung kacang hijau dan gula tersebut merupakan simbol ibadah puasa yang dijalani selama satu bulan. Biasanya, kue satu dicetak dengan berbagai motif, seperti bunga atau hewan.

12. Tape Uli
Tape uli adalah makanan Lebaran khas Betawi yang menjadi favorit banyak orang. Hidangan tradisional ini merupakan uli yang dihidangkan bersama ketan yang difermentasi. Rasanya manis dan kenyal.

13. Dodol Betawi
Makanan manis dan kenyal ini merupakan percampuran budaya Betawi dengan Tionghoa. Warnanya hitam kecoklatan, dengan rasa manis khas gula merah, mirip kue keranjang hanya saja lebih pekat. Dodol betawi terbuat dari ketan, gula merah, dan santan. Proses memasak dodol ini cukup membutuhkan kesabaran. Butuh waktu lama untuk mengaduk adonan dodol hingga menjadi kenyal dan legit saat disantap. (tim redaksi)


#lebaran2022
#idulfitri1443hijriah
#makananssaatlebaran
#khasbetawi
#suguhanlebaran
#silaturahmi
#openhouse

Tidak ada komentar