Breaking News

Macron dan Le Pen Pimpin Putaran Pertama Pilpres Prancis

Petahana Emmanuel Macron. Foto : dw.com

WELFARE.id-Presiden petahana Prancis Emmanuel Macron dan Marine Le Pen dari partai politik sayap kanan National Rally memimpin dalam putaran pertama Pemilihan Presiden pada hari Minggu (10/4/2022) kemarin di Prancis. 

Dikutip dari laman TASS, Senin (11/4/2022), menurut data awal, Macron memperoleh 28,5 persen suara, sedangkan Le Pen meraih 24,5 persen. 

Jika dibandingkan dengan pemilihan sebelumnya pada 2017, Macron memenangkan 24 persen dan Le Pen 21,3 persen untuk putaran pertama pemungutan suara. 

Pemungutan suara putaran kedua saat itu kemudian dimenangkan oleh Macron yang memperoleh 66,1 persen suara. 

Sementara Le Pen hanya didukung oleh 33,9 persen pemilih Pemimpin Sosialis Demokratik La France Insoumise yang merupakan partai politik sayap kiri, Jean-Luc Melenchon meraih 20,2 persen suara. 

Sedangkan pemimpin gerakan sayap kanan Reconquista, Eric Zemmour memperoleh 7,1 persen suara. 

Lalu untuk kandidat Republik yakni Valerie Pecresse memiliki 5,1 persen suara dan kandidat Partai Sosial Anne Hidalgo hanya mengantongi 1,9 persen suara. 

Putaran pertama Pemilihan Presiden Prancis ini diadakan pada hari Minggu kemarin. Ada 12 calon yng bersaing untuk merebut kursi orang nomor 1 di Prancis. (tim redaksi

#pilpresprancis
#emmanuelmacron
#marinelepen
#prancis

Tidak ada komentar