Breaking News

Luar Biasa Besar, Potensi Zakat di Indonesia Capai Rp327 Triliun!

Zakat jelang Idul Fitri. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Potensi zakat di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Noor Achmad menjelaskan, potensi zakat di Indonesia bisa mencapai Rp327 triliun. 

"Kami menyadari bahwa potensi zakat di Indonesia sangat besar sekali. Catatan kami ada Rp327 triliun potensi zakat," ujar Noor dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Rabu (13/4/2022).

Namun, pada tahun ini, pihaknya baru bisa menargetkan sementara pengumpulan pada Rp26 triliun. Target tersebut merupakan akumulasi dari total target pengumpulan seluruh 562 organisasi pengelola zakat resmi yang ada secara nasional. 

Adapun target jumlah muzakki secara nasional sebanyak 10,7 juta jiwa. "Dari target tersebut tentu saja kami juga mohon berkenan dan sekaligus mohon perhatiannya bagi kita semuanya seluruh masyarakat. Karena seperti tadi yang kami sampaikan sebenarnya ada Rp327 triliun potensi zakat," ucapnya lagi.

Ia pun merinci potensi zakat dengan total Rp327 triliun yang dibicarakan. Di antaranya, berasal dari zakat perusahaan senilai Rp144 triliun, zakat penghasilan ada Rp139 triliun, zakat tabungan dan deposito sebesar Rp58 triliun, zakat pertanian Rp19,8 triliun, dan terakhir zakat peternakan Rp9,5 triliun.

"Potensi zakat tersebut tersebar di 514 kabupaten kota seluruh Indonesia," ungkapnya. Dirinya berharap, jika semua sumber zakat tadi dikerahkan, bisa menjadi solusi bagi persoalan kemiskinan saat ini. (tim redaksi)

#potensizakatnasional
#baznas
#organisasipengelolazakatresmi
#muzakki
#pengumpulanzakat

Tidak ada komentar