Breaking News

Lebih 100 Kali Serangan Rusia Sasar Fasilitas Kesehatan Ukraina, WHO: Sebabkan 73 Orang Tewas

Kondisi rumah sakit bersalin di Ukraina yang hancur dihantam rudal oleh militer Rusia beberapa waktu lalu. Foto: BBC International

WELFARE.id-Perang memang kejam. Rudal dan peluru kendali tidak mengenal mata untuk mencapai sasaran yang ditargetkan. Sekalipun itu adalah rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang ada di Ukraina. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan akibat invasi militer Rusia ke Ukraina menyebabkan lebih dari 100 serangan menyasar terhadap layanan kesehatan di salah satu negara Balkan tersebut. 

Akibat serangan itu membuat 73 orang tewas dan 51 lainnya terluka. Selain itu, serangan senjata berat Rusia juga telah merusak 89  fasilitas kesehatan dan sebagian besar sisanya mengenai layanan transportasi, termasuk mobil ambulans.

"Sampai sekarang, WHO telah memverifikasi 103 insiden serangan terhadap perawatan kesehatan, dengan 73 orang tewas dan 51 terluka, termasuk petugas kesehatan dan pasien," terang Pimpinan WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dikutip AFP, Jumat (8/4/2022).

Ia juga mengatakan masalah tersebut merupakan tonggak suram. "Kami marah karena serangan terhadap perawatan kesehatan terus berlanjut," katanya juga. Ghebreyesus juga menambahkan itu merupakan pelanggaran hukum humaniter internasional yang sangat berat.

Sementara itu, Direktur Regional WHO untuk Eropa Hans Kluge mengatakan sampai dengan saat ini pihaknya juga masih kesulitan memberikan bantuan kesehatan ke daerah yang terkena dampak invasi Rusia. Pasalnya, beberapa daerah masih di luar jangkauan WHO.

"Memang benar beberapa tetap sangat sulit kami jangkau untuk bantuan kesehatan. Saya pikir prioritas pasti, saya pikir kita semua setuju, adalah Kota Mariupol yang perlu bantuan segera," kata Kluge. (tim redaksi)


#perang
#invasimiliter
#rusia
#ukraina
#who
#fasilitaskesehatan
#kenaseranganrudal
#pimpinanwho 
#tedrosadhanomghebreyesus

Tidak ada komentar