Breaking News

Lansia dengan Penyakit Berat bisa Sembuh dari COVID-19

Ilustrasi.Foto : net

WELFARE.id-Tingkat kesembuhan lansia yang terkena  COVID-19 terus meningkat. Misalnya seorang nenek berusia 72 tahun dari Ciamis. Termasuk pasien pertama COVID-19 di Ciamis, nenek tersebut dinyatakan sembuh dari virus corona setelah dirawat di ruang isolasi RSU Kota Banjar selama 20 hari. 

Nenek yang disebut sebagai pasien 01 ini dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan kembali ke rumah. Namun dia tetap harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari kedepan. 

''Alhamdulillah pasien 01 hari ini oleh pihak rumah sakit (RSU Kota Banjar) dinyatakan sudah sembuh. Dua kali test Swab terakhirnya hasilnya negatif. Dan sudah diperbolehkan pulang ke rumah," ujar juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Ciamis, dr Bayu Yudiawan. 

Selain hasil dua kali test SWAB-nya dua hari terakhir negatif, penyakit penyerta (comorbid) stroke dan hipertensi yang diderita pasien 01 ini juga mulai membaik. 

Pasien 01, seorang nenek usia 72 tahun tersebut masuk RSU Kota Banjar tanggal 23 Maret 2020 lalu sebagai pasien dengan penyakit stroke. 

Namun kondisinya memburuk, mengalami sesak napas dan demam setelah dijenguk oleh anaknya yang datang dari daerah zona merah. 

Atas dasar dugaan, yang bersangkutan menjalani rapid diagnostic test (RDT) dengan hasil positif. Dan kemudian perawatannya dialihkan ke ruang isolasi. 

Dari hasil test PCR/SWAB pasien 01 asal Pamarican ini pun positif Covid-19, dan tanggal 1 April oleh Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM dinyatakan sebagai pasien pertama (01) COVID-19 Ciamis. 

Setelah menjalani masa perawatannya ruang isolasi RSU Kota Banjar, nenek usia 72 tahun, tersebut dinyatakan sembuh. 

''Dua kali test SWAB terakhir selang dua hari, hasilnya negatif.Tidak hanya dinyatakan sembuh dari COVID-19. Pasien 01 tersebut juga sudah diperbolehkan pulang ke rumah, penyakit penyerta (komorbit) nya juga sudah membaik yakni stroke dan hipertensi. Ini benar-benar Jumaah berkah, benar-benar kabar gembira. Alhamdulillah,'' katanya. 

Meski sudah diperbolehkan pulang, pasien 01 tersebut menurut dr Bayu harus menjalani masa isolasi mandiri di rumah. Tentu harus dengan disiplin. ''Berbeda dengan di ruang isolasi rumah sakit, isolasi mandiri di rumah tentu punya suasana yang berbeda. Menjadi penyemangat bagi pasien untuk semakin pulih,'' tambahnya. (tim redaksi) 

#covid19
#lansia
#sembuhdaricovid
#ciamis
#jawabarat

Tidak ada komentar