Breaking News

Lagi, Kuburan Massal Berisi Puluhan Warga Sipil Ukraina Ditemukan di Buzova

Dua perempuan menyaksikan petugas kesehatan mengevakuasi jasad warga sipil yang dibunuh tentara Rusia dan dikubur massal di Bucha, Ukraina, Jumat (8/4/2022). Foto: Reuters

WELFARE.id-Kembali ditemukan kuburan massal berisi puluhan jasad warga Ukraina pada Sabtu (9/4/2022). Pejabat setempat mengatakan kalau lokasi kuburan massal warga sipil itu berlokasi di Buzova.

Buzova merupakan sebuah desa dekat Ibu Kota Ukraina, Kiev, yang dibebaskan oleh pasukan Ukraina setelah diduduki berminggu-minggu oleh pasukan Rusia yang melakukan invasi ke negara tersebut.

Taras Didych, kepala wilayah Dmytrivka yang mencakup Buzova dan sejumlah desa lainnya, mengatakan kepada TV Ukraina bahwa mayat-mayat itu ditemukan dalam parit di dekat Stasiun SPBU di wilayah setempat.

Hingga kini petugas masih melakukan identifikasi, dan jumlah mayat belum bisa dipastikan jumlahnya dari dalam kuburan massal tersebut. Didych mengatakan selama pendudukan Rusia banyak warga sipil yang tewas di wilayahnya. Tapi hingga kini, Reuters belum bisa mengonfirmasi laporan itu.

Ketika pasukan Rusia melakukan serangan ke Kiev dalam pekan-pekan pertama invasinya, sejumlah kawasan permukiman di sekitar Ibu Kota Kiev, seperti Makariv, Bucha, Irpin dan Dmytrivka, terus menerus digempur dengan artileri berat. 

Media lokal Ukraina pada awal April melaporkan sekitar 30 korban jiwa akibat keganasan pasukan Rusia ditemukan di Buzova dan sekitarnya.

Untuk diketahui, kini sebagian besar kota dan desa di sekitar Kiev sudah terbebas dari pasukan Rusia, tapi temuan kuburan massal dan korban sipil, terutama di Bucha, telah memicu gelombang kecaman internasional terhadap Moscow.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan meskipun ancaman terhadap penyerangan Kiev telah berkurang, tapi militer Ukraina bersiap untuk menghadapi pertempuran sulit di wilayah timur negara itu, Sabtu (9/4/2022).

Saat invasi militer Rusia terjadi, Pemerintah Ukraina telah mendesak warga di wilayah itu untuk mengungsi. Tapi karena berbagai keterbatasan membuat banyak warga sipil yang bertahan di rumahnya hingga diduga menjadi korban. (tim redaksi)

#perang
#invasimiliter
#rusia
#ukraina
#pembunuhanwargasipil
#buzova
#presidenukraina
#volodymyrzelensky

Tidak ada komentar