Breaking News

Lagi Hits, Berikut Deretan Artis yang Luncurkan NFT

Titi DJ dan Andra ramadhan meluncurkan NFT. Foto : welfare.id/Dewi Maryani

WELFARE.id-Awal tahun ini, Non-fungible Token (NFT) jadi tren di tengah masyarakat. Terlebih saat seorang pemuda, Ghozali berhasil mendapatkan banyak uang dari penjualan foto selfienya saja. 

Namun bukan hanya Ghozali, ada banyak nama artis dan pesohor tanah air yang juga menjual karyanya di NFT. Yuk disimak !. 

1. Anang Hermansyah dan Ashanty 

Anang Hermansyah dan Ashanty diketahui memiliki proyek Asix Token. Ini akan menggunakan teknologi Blockchain dari Binance dan mengembangkan marketplace NFT. 

Marketplace direncanakan akan menyasar pasar Asia. Selain itu, marketplace akan menggandeng sejumlah arti dalam negeri untuk menjual karya lewat NFT. 

2. Syahrini 

Penyanyi Syahrini menjual Syahrini's Metaverse Tour. Binance NFT dirilis pada Desember lalu dan dilaporkan langsung ludes terjual. 

Karya tersebut dijual dengan harga 20 BUSD atau sekitar USD19,99. Selain Metaverse Tour, Syahrini juga menawarkan NFT Games. 

2. Rizky Billar dan Lesti Kejora 

Selanjutnya, pasangan artis tanah air yaitu Rizky Billar dan Lesti Kejora yang juga tengah mengembangkan proyek metaversenya sendiri. Metaverse yang dikembangkan oleh Rizky beserta timnya dinamai Leslar Metaverse. 

''Dunia digital bertema masa depan cyber. Dimana setiap orang di Indonesia dan dunia dapat bertemu, berkomunikasi, bermain, bekerja, bahkan berkompetisi secara virtual,'' tulis Leslar Metaverse dalam situs resmi. 

3. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina 

Baru-baru ini pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina melalui Rans Entertainment mengumumkan proyek metaverse mereka yang dinamai RansVerse.  

Proyek metaverse tersebut merupakan hasil kerja sama perusahaannya, RANS Entertainment, bersama perusahaan dan startup lain, seperti VCGamers, Upbanx, dan Meta Nusantara. 

Dalam proyek Metaverse tersebut, Rans Entertainment juga menggandeng CEO dari Upbanx, Wafa Taftazani sebagai partner yang dipercaya untuk mengembangkan RansVerse ke depannya.  

4. Dewa Budjana 

Dewa Budjana, gitaris band Gigi bulan lalu meluncurkan NFTnya di platform Netra. Mereka membuat dan mendistribusikan NFT yang dilengkapi keuntungan eksklusif berupa hak atas royalti musik yang diperoleh dari berbagai platform streaming seperti Spotify, Apple Music, TikTok, YouTube, dan sebagainya. 

Keterlibatan Dewa Budjana dalam dunia NFT membuat gitaris band GIGI itu menorehkan rekor khusus. Musisi asal Bali itu menjadi musisi pertama di Asia yang akan membagikan hak streaming royalti lagu dalam bentuk NFT. 

''Hak milik royalti lagu artis akan dipecahkan menjadi ratusan NFT yang dapat dibeli di platform Netra, dan setiap NFT akan melambangkan persentase kepemilikan terhadap NFT tersebut. Dengan menerapkan prinsip desentralisasi, keuntungan yang diperoleh melalui streaming musik akan langsung ditransfer ke musisi dan dapat diklaim oleh pemilik NFT Netra tanpa intervensi pihak ketiga,'' kata Setiawan Winarto selaku CEO Netra. 

5. Titi DJ dan Andra Ramadhan 

Diva pop Indonesia Titi DJ bersama dengan Andra Ramadhan merilis lagu baru dalam bentuk NFT di platform Netra, yakni "To Lose" dan "You’re not Alone". Menjual NFT atau non-fungible token, kini menjadi cara baru untuk mengumpulkan cuan di internet. 

"Dengan merilis lagu “To Lose” sebagai NFT di Netra, lagu yang merupakan tantangan dari netizen ini dapat dimiliki oleh netizen juga. Jadi bisa dibilang ini lagu dari netizen untuk netizen," ujar Titi DJ kepada wartawan di Jakarta, Kamis (14/4/2022). 

Artinya, jika Anda membeli NFT berjudul "To Lose" yang menampilkan patung marmer bergambar wajah Titi DJ di situs netra.live, maka Anda akan mendapatkan sebagian keuntungan setiap kali lagu "To Lose" diputar di berbagai platform streaming seperti Spotify, Youtube, Apple Music, TikTok, dan sebagainya. 

Di Netra ada sekitar 500 NFT versi Titi DJ, di mana beberapa merupakan koleksi terbatas. 

Dalam kesempatan yang sama, Andra Ramadhan Project juga mengenalkan NFT pertamanya melalui single “You’re not Alone” yang tersedia di seluruh platform streaming musik digital, dan bisa dimiliki netizen melalui NFT. 

Kali ini, sebanyak 250 koleksi NFT versi Andra bisa didapat para penggemarnya. 

6. Denny JA 

Denny JA pernah menjual sebuah karya NFT pada April 2021. Karya tersebut adalah lukisan "A Potrait of Denny JA 40 Years in the World of Ideas". 

Dilaporkan karya tersebut terjual 27,5 WETH atau sekitar Rp1 miliar. 

7. Ananda Sukarlan 

Komposer, Ananda Sukarlan juga ikut mendaftarkan karyanya sebagai NFT. Dia menjual dua karya piano sebagai NFT yakni Piano Solo versi Pergi Belajar dari Ibu Sud dan Rapsodia Nusantara No 35. 

Kedua NFT tersebut berhasil terjual USD61 ribu atau sekitar Rp1 miliar. (tim redaksi) 

#nft
#investasi
#netra
#crypto
#syahrini
#metaverse

Tidak ada komentar