Breaking News

Kunjungan Mal Meningkat, Kinerja Ritel Jabodetabek Membaik

Pengunjung di Sarinah, Thamrin. Foto : welfare.id /Dewi Maryani

WELFARE.id-Melandainya kasus COVID-19 membuat perekonomian kembali menggeliat. Mal-mal juga mulai didatangi pengunjung. Hasil riset Colliers International Indonesia menyebutkan, pasar ritel di Jakarta dan Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) mengalami perbaikan selama kuartal I 2022. 

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia, Ferry Salanto, mengatakan, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan atau mal terus mengalami peningkatan selama 3 bulan terakhir. ''Selama kuartal I 2022, pusat perbelanjaan mengalami peningkatan kunjungan dan juga transaksi. Artinya, ada perbaikan untuk sektor ritel, apalagi ada pelonggaran pemerintah terkait kunjungan ke pusat perbelanjaan,'' ujarnya dalam laporannya, Senin (18/4/2022). 

Menurut Ferry, beberapa tenan bahkan sudah mulai untuk melakukan ekspansi baru. 'XDitambah dengan momen ramadan dan idulfitri, tingkat okupansi ritel diperkirakan sampai kuartal II 2022 diprediksi akan tetap positif,'' tukasnya. 

Ferry mengatakan, untuk tingkat okupansi ritel di Jakarta dan Bodetabek secara umum cenderung stabil dalam 3 bulan terakhir. Di Jakarta tercatat tingkat okupansi capai 70,2 persen sedangkan untuk ritel di Bodetabek tercatat 69,8 persen. 

Berdasarkan kelas, tingkat hunian mal kelas atas dan premium masih tercatat di atas 80 persen. ''Momen lebaran akan perlahan membantu pemulihan sektor ritel. Penyerapan ruang ritel tahun ini diperkirakan kembali pulih setelah terkoreksi tajam selama 2020-2021,'' tukasnya. 

Sementara itu, tarif sewa pusat perbelanjaan cenderung tidak bergerak selama setahun terakhir, dimana untuk kawasan Jakarta harga sewa tercatat Rp566.095 dan Rp384.121 di Bodetabek. Begitu juga dengan biaya pemeliharan tercatat Rp149.168 di Jakarta dan Rp116.594 di Bodetabek. ''Pengelola mal cenderung menahan tarif sewa untuk mempertahankan usaha dan tenan tidak pindah,'' pungkasnya. (tim redaksi) 

#mal
#kunjunganmalmeningkat
#kinerjaritelmembaik
#ritel
#pusatperbelanjaan

Tidak ada komentar