Breaking News

Kembali Digelar, Indonesia Fashion Week Angkat Keindahan Kalimantan

Tangkapan layar instagram @indonesiafashionweekofficial. Foto : Dok welfare.id

WELFARE.id-Gelaran akbar Indonesia Fashion Week (IFW 2022) akhirnya kembali digelar. Absen selama dua tahun sejak 2020, IFW 2022 diharapkan dapat menjadi simbol kebangkitan bagi industri fashion Tanah Air.  

IFW 2022 diselenggarakan pada 13 hingga 17 April 2022 secara offline di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Tahun ini tema yang diusung adalah 'Tales of the Equator - Treasure of the Magnificent Borneo' yang mengangkat keindahan Tanah Kalimantan. 

Presiden IFW 2022 Poppy Dharsono mengatakan, tema "Magnificent Borneo" masih menjadi rangkaian dari tema IFW tahun 2020 yang tak digelar karena pandemi. ''Kenapa masih Borneo, karena itu sebetulnya tema IFW 2020 yang harus terhenti karena pandemi. Jadi kami putuskan untuk mengangkat kembali Borneo, agar impaknya signifikan ke semua desainer yang sudah mempersiapkan koleksinya,'' ujarnya dikutip Jumat (15/4/2022). 

Dia menambahkan, dengan kembali digelarnya IFW 2022 ini, pihaknya berharap, bisa menjadi tanda kembali bangkitnya industri fashion Indonesia yang sempat terkena imbas pandemi COVID-19. ''Momen ini juga menjadi penyemangat bagi para pelaku industri fashion tanah air untuk turut menciptakan karya-karya terbaik mereka,'' tukasnya. 

Bagi desainer sendiri, IFW 2022 telah dinantikan sejak dua tahun lalu. Sehingga digelarnya IFW 2022 telah sangat dinantikan oleh para pegiat fesyen.  

Meski selama pandemi tetap berkarya dalam menciptakan busana, namun tidak adanya gelaran IFW dirasa kurang bagi para desainer. ''Dua tahun pandemi, kita tetap berkarya. Tapi memang nggak ada gregetnya, jadi kita pun kerja online saja. Dengan adanya Indonesia Fashion Week 2022 ini kaya telur pecah, akhirnya terlaksana,'' ujar desainer brand Yoha, Yoha Friska Meifanny.  

Yoha bercerita kalau dirinya menampilkan karya-karyanya yang sudah didesain sejak akhir 2019. Karya tersebut seharusnya yang akan dibawa saat IFW 2020, namun pertunjukan itu batal akibat adanya pandemi COVID-19.  

Akhirnya, setelah dua tahun tersimpan, karya baju muslim syari dengan tema AM to PM yang dibuatnya sejak dua tahun lalu itu bisa dipamerkan ke publik. ''Desain sudah dari Desember 2019. Niatnya mau buat IFW April 2020. Tapi acaranya batal, jadi akhirnya aku simpan lagi. Tapi itu nggak berubah warna sama sekali, gak berubah bentuk, semua masih bagus,'' tuturnya. (tim redaksi) 

#indonesiafashionweek
#ifw
#ifw2022
#fashion
#jcc
#borneo

Tidak ada komentar