Breaking News

Kemacetan Makin Tak Masuk Akal, Truk dan Bus Bakal Dibatasi Lewati Puncak

Kendaraan besar melintasi kawasan Puncak. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Kemacetan jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat semakin parah. Setiap kali weekend, kemacetan panjang selalu terjadi.

Bahkan, pernah terjadi, kemacetan di jalur Puncak mencapai 12 jam. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polres Bogor berencana melakukan pembatasan kendaraan besar seperti bus dan truk untuk melintas di jalur alternatif kawasan Puncak.

Jadi, bagi kamu yang hobi berwisata ke Puncak dengan teman dan sanak saudara menggunakan bus pariwisata, dalam waktu dekat akan mengalami pembatasan. Saat ini, konsep tersebut sedang dimatangkan.

"Perlu adanya aturan pembatasan kendaraan bus atau truk ke jalur alternatif Puncak, dengan memasang rambu di simpang jalur alternatif," ujar Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata, dikutip Sabtu (9/4/2022). 

Ia menuturkan, kemacetan di jalur alternatif sekitaran Puncak salah satunya disebabkan oleh kendaraan bus dan truk yang lebarnya hampir sama dengan ruas jalan.

Untuk mendukung kebijakan ini, pihaknya juga mengusulkan pembuatan lokasi parkir khusus kendaraan besar yang akan masuk ke kawasan wisata yang ada di jalur alternatif Puncak. Kemudian menyediakan angkutan khusus dari lokasi parkir kendaraan besar ke tempat-tempat wisata.

"Untuk pembangunan lokasi parkir rencananya ada tujuh lokasi, yakni Rest Area Cilember, Taman Wisata Matahari, Rest Area Lembah Nyiur, lalu di Rest Area Anggraeni, Rest Area Sinbad, kemudian di Hotel Evergreen dan Gunung Mas," ulasnya.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengaku mendukung penuh konsep yang disiapkan oleh Satlantas Polres Bogor untuk mengatasi permasalahan yang kerap terjadi di jalur alternatif kawasan Puncak. Ia meminta perangkat daerah Pemkab Bogor yang berkaitan untuk berkolaborasi membahas secara teknis untuk menindaklanjuti rencana program tersebut.

"Perlu dipersiapkan dengan matang terutama sosialisasi ke masyarakat. Gandeng juga PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) karena kawasan Puncak ini adalah kawasan wisata," sarannya. (tim redaksi)

#kawasanpuncak
#bogorjawabarat
#kawasanwisata
#trukdanbusdibatasimelintas
#jaluralternatifpuncak
#phri
#bupatibogoradeyasin

Tidak ada komentar