Breaking News

Kawasan Pasar Gembrong Kebakaran, Sekitar 1.000 Jiwa Terdampak

Kebakaran Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (24/4/2022) malam. Foto: Instagram @infojkt

WELFARE.id-Nasib nahas menimpa warga di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Dalam suasana Ramadan dan jelang Lebaran, mereka harus kehilangan rumah dan harta benda lainnya akibat kebakaran.

Ya, kebakaran hebat melanda kawasan Pasar Gembrong di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (24/4/2022). Kebakaran tersebut diduga berasal dari korsleting listrik.

Kasie Ops Suku Dinas Penangulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur (Gulkarmat Jaktim) Gatot Sulaiman menjelaskan, kejadian kebakaran diduga akibat kosleting listrik dari sebuah rumah yang berada di sekitar lokasi. 

"Pemilik rumah teriak kebakaran dan warga berusaha memadamkan api. Namun api cepat sekali membesar dan merembet ke sekitar karena bangunan banyak yang terbuat dari kayu,” jelasnya kepada wartawan, Minggu (24/4/2022).

Dalam rangka menanggulangi kebakaran, pihaknya menerjunkan 26 unit mobil pemadam dengan diisi 130 personel. Petugas memulai pemadaman sejak pukul 21.17 WIB.

"Api dapat dilokalisir pukul 23.00 WIB. Saat ini masih pendinginan,” jelasnya.

Ia menyebut, bantuan unit damkar berasal dari Jakarta Timur 19 unit, dibantu dari Jakarta Selatan 4 unit, dan Jakarta Pusat 2 unit. Akibat kebakaran, sedikitnya ada 450 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak. 

Ratusan bangunan di Cipinang Besar Utara hangus terbakar. Kebakaran itu terjadi di 5 RT dalam 1 RW.

Akibat kebakaran tersebut, sedikitnya ada 400 bangunan yang terdiri dari rumah dan pertokoan hangus terbakar. Sebanyak 1.000 jiwa terpaksa mengungsi sementara.

"Warga terdampak ada di RT 2,3,4,5, dan 6 di RW 1. Luas wilayah 1.200 m2,” imbuh Gatot, Senin (25/4/2022) dini hari. Kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 miliar. (tim redaksi)

#kebakaranpasargembrong
#jakartatimur
#sudingulkarmatjaktim
#wargaterdampak
#bangunanhangusterbakar
#kebakaran
#pasargembrong
#damkar
#peristiwa

Tidak ada komentar