Breaking News

Kasus OTT Bupati Bogor Ade Yasin, Plt Jubir KPK: Terkait Suap Laporan Keuangan

Bupati Bogor Ade Yasin yang terkena OTT oleh penyidik KPK. Foto: Diskominfo Kabupaten Bogor

WELFARE.id-Akhirnya terkuak kasus operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Bogor Ade Yasin. Ternyata, OTT itu terkait laporan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. 

Dalam OTT itu, penyidik KPK juga mencokok pemeriksa atau auditor BPK Jawa Barat (Jabar). ”OTT terhadap Bupati Bogor Terkait dugaan suap pengurusan temuan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Bogor," terang Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Rabu (27/4/2022).

Meski begitu, KPK belum menyampaikan konstruksi perkara suap pengurusan laporan keuangan itu secara lengkap. Ali mengatakan, saat ini seluruh pihak yang ditangkap masih dilakukan pemeriksaan dan klarifikasi secara maraton di Gedung Merah Putih atau kantor KPK.

Dalam operasi senyap tersebut, tim satuan tugas KPK mengamankan 12 orang. Ali mengungkapkan, di antara pihak-pihak yang diciduk OTT adalah Bupati Bogor Ade Yasin dan beberapa orang pejabat Pemkab Bogor dan sejumlah ASN.

Selain itu juga turut diamankan auditor BPK perwakilan Jawa Barat. Ali melanjutkan, tim satuan tugas juga mengamankan uang dalam pecahan rupiah dalam kegiatan tangkap tangan tersebut. 

Dia mengatakan, jumlah uang tersebut hingga kini masih dihitung dan dikonfirmasi kembali kepada pihak-pihak yang ditangkap. Saat ini penyidik KPK tengah melakukan investigasi lanjutan terkait OTT tersebut. 

Lembaga antirasuah itu kini memiliki waktu maksimal 1x24 jam untuk menentukan status hukum dari para pihak yang diciduk dalam OTT tersebut. 

Seperti diketahui, OTT yang dilakukan terhadap Bupati Ade Yasin dan pemeriksa BPK serta beberapa pihak lain terjadi pada Selasa (26/4/2022) malam hingga Rabu pagi (27/4/2022). (tim redaksi)


#operasisenyap
#ott
#kpk
#bupatibogor
#adeyasin
#auditorbpk
#pemkabbogor
#pltjurubicarakpk
#alifikri

Tidak ada komentar