Breaking News

Kantor Bupati Halmahera Selatan Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Kebakaran kantor bupati Halmahera Selatan, Provinsi Maluku, Rabu (20/4/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kantor Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku terbakar, Rabu (20/4/2022), sekitar pukul 20.30 WIT. Kejadian tersebut pertama kali diketahui warga yang tengah melintas di Jalan Kebun Karet Kota Labuha, lokasi kantor bupati Halsel.

Polisi menyatakan, kebakaran berasal dari ruang staf ahli bupati di lantai dua gedung tersebut. "Titik api kalau kita lihat dari tempat kejadian perkara, dari ruang staf ahli di atas, kemudian menjalar ke ruang Sekda dan menjalar ke ruang lainnya," kata Kapolres Halsel AKBP Herry Purwanto kepada wartawan, Kamis (21/4/2022) dini hari WIT.

Ia menjelaskan, kebakaran terjadi saat kantor sepi, karena seluruh ASN sudah pulang dan warga melaksanakan salat tarawih. "Lalu ada beberapa warga yang melihat tapi tidak bisa berbuat apa-apa, sehingga langsung melapor ke Polres," terangnya.

Api membesar dan menyebar ke ruangan-ruangan lainnya hingga turut membakar ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Halsel. Ia mengatakan semua unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api, termasuk tim pemadam kebakaran dari Bandara Oesman Sadik harus turun ke lokasi kejadian. 

Setelah berjibaku denga kobaran api selama beberapa jam, kebakaran baru bisa ditanggulangi sekitar pukul 22.30 WIT. Untuk saat ini, ia mengatakan belum bisa memastikan berapa banyak ruangan yang terbakar. 

Termasuk, berapa besar kerugian materiil akibat kejadian itu. Polisi akan menyelidiki penyebab insiden tersebut sehingga langsung memasang garis polisi di lokasi kebakaran. 

Dugaan sementara, lanjutnya, kebakaran karena korsleting. "Sementara kita belum bisa menyimpulkan, tetapi dugaan awal korsleting karena titik api ada di atap kantor staf ahli," imbuhnya.

Ia mengatakan penyelidikan akan melibatkan Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. "Untuk lebih detailnya, nanti kita akan mendatangkan Tim Puslabfor Makassar," tuntasnya. (tim redaksi)

#kebakarankantorbupati
#halmaheraselatan
#provinsimaluku
#didugakorsletinglistrik
#kebakaran
#peristiwa
#polreshalsel

Tidak ada komentar