Breaking News

Jasa Marga Kebut Pembenahan Jalur Mudik, Siapkan Aturan Buka Tutup Rest Area

Pengerjaan konstruksi. Foto: Ilustrasi/ Antara

WELFARE.id-Arus mudik Lebaran diperkirakan bakal membludak tahun ini. Maka itu, persiapan jalur mudik harus seksama supaya tidak terjadi kepadatan kendaraan berlebihan.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD) akan menghentikan sementara seluruh pekerjaan konstruksi mulai H-10 Lebaran 2022. 

General Manager Representative Office (RO) 1 JTTRD Jalan Tol Jakarta-Cikampek Muhammad Taufik Akbar menjelaskan, dari segi layanan preservasi, Jasa Marga akan menghentikan sementara seluruh pekerjaan konstruksi mulai H-10 Lebaran, memastikan perkerasan tol rapi dan tidak berlubang.

"Termasuk penyiagaan tim pemeliharaan pompa dan mobile pump dan memastikan sarana perambuan di Jalur Utama dan Jalur Fungsional," ulasnya, dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (16/4/2022). Selain itu, dalam kesempatan yang sama, harapan pekerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek juga ditargetkan selesai sebelum Lebaran.

Sehingga bisa dioperasikan secara fungsional guna meningkatkan kapasitas lajur. Untuk melayani arus mudik Lebaran 2022, setelah dua tahun dibatasi karena pandemi COVID-19, Taufik mengatakan pihaknya juga memperhatikan kesiapan tempat istirahat atau rest area di ruas tol Jakarta-Cikampek.

Dalam hal sarana dan prasarana, lanjutnya, pihaknya akan mempersiapkan penambahan fasilitas peturasan portable, ketersediaan air bersih, penambahan petugas kebersihan dan keamanan, dan memastikan ketersediaan BBM, dan bengkel. Termasuk juga layanan top up untuk mendukung kelancaran mudik tahun 2022 ini.

"Selain itu kami menginformasikan ada beberapa hal kebijakan di Rest Area yang akan dikoordinasikan dengan pihak kepolisian untuk menghindari kepadatan dan antrean yang mengganggu kelancaran lalu lintas.

Antara lain, kebijakan Buka Tutup Rest Area apabila terdapat kepadatan. Kami juga membatasi, waktu istirahat di Rest Area maksimal 30 menit bagi pemudik," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Layang  Mohammed Bin Zayed (MBZ) D Hari Pratama mengatakan mereka menyediakan fasilitas parkir darurat atau Parking Bay bagi pengguna jalan yang ingin beristirahat. 

"Jumlah Parking Bay yang ada berjumlah 2 titik di masing-masing arah dengan total keseluruhan 4 titik. Namun, perlu dipersiapkan dan akan dibuka sesuai diskresi kepolisan. Selain itu, penambahan fasilitas atau layanan yang akan ditambahkan di ruas MBZ adalah dengan mengadakan toilet darurat," tuntasnya. (tim redaksi)

#jalantol
#jasamarga
#kesiapanjalantol
#saranadanprasarana
#mudiklebaran2022
#restarea

Tidak ada komentar