Breaking News

Intip Tips Mudik, Agar Bayi dan Anak Dibawah 6 Tahun Terhindar dari COVID-19

Mudik bawa anak dibawah 6 tahun. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Mudik sudah tradisi masyarakat Indonesia. Karena tahun ini mudik sudah diperbolehkan, maka kewajiban setiap anggota keluarga yang melakukan mudik untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Bagi orang tua yang membawa anak dibawah 6 tahun, maka diwajibkan lebih peduli prokes selama mudik Lebaran nanti. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan sejumlah anjuran untuk melindungi anak di bawah usia enam tahun dari penularan COVID-19 saat mudik lebaran 2022.

Anggota Satgas Imunisasi IDAI Soedjatmiko mengatakan, bahwa benteng utama untuk melindungi anak di bawah usia enam tahun dari paparan virus corona adalah dengan memastikan orang-orang di sekitar anak tersebut telah menerima dosis vaksin lengkap. 

"Ayah ibunya, pokoknya semua yang di rumah harus sudah divaksin, sehingga anak yang kurang dari enam tahun terlindungi. Kalau ada virus masuk sudah dibentengi oleh bapak ibu, nenek, kakek, teteh dan lainnya," ujar Soedjatmiko dalam webinar kesehatan, dikutip Selasa (19/4/2022).

Lalu, pastikan anggota keluarga dengan usia diatas 6 hingga 17 tahun telah menerima dua dosis vaksin. Sementara keluarga dengan usia 18 tahun ke atas telah menerima tiga dosis vaksin.

Diketahui, anak usia di bawah enam tahun belum mendapat rekomendasi untuk menerima vaksinasi COVID-19. Anak usia di bawah enam tahun juga disarankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Anak di bawah dua tahun dianjurkan menggunakan face shield sembari diawasi, agar tidak menggangu pernapasan. Sedangkan anak usia dua tahun ke atas dianjurkan menggunakan masker.

"Selalu pakai masker selama di kerumunan. Jelaskan juga apa bahayanya. Hindari kerumunan kecuali di dalam bus, kapal, kereta api, pesawat, atau mobil pribadi," imbaunya.

Lebih lanjut, dirinya juga menganjurkan agar anak di bawah usia enam tahun diimunisasi lengkap untuk memberikan perlindungan dari penyakit lainnya seperti campak, rubella, difteri, hingga tetanus. (tim redaksi)

#tipskesehatan
#tipsmudikkeluarga
#vaksinasicovid19
#satgasimunisasiidai
#ikatandokteranakindonesia
#prokes
#mudiklebaran2022

Tidak ada komentar