Breaking News

Info Mudik Hemat, KAI Gratiskan Biaya Angkut Motor Pemudik

Motor pemudik.  Foto: Ilustrasi/ dream.co.id

WELFARE.id-Mudik sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia setiap kali momen Lebaran. Tapi, sebagian masyarakat ada yang memilih mudik sekeluarga dengan sepeda motor.

Kondisi ini tentu mengkhawatirkan, karena berisiko tinggi mengalami kecelakaan. Karena motor didesain bukan untuk ditumpangi overload.

Nah, buat kamu yang mau mudik aman sampai ke kampung halaman, ada kabar baik nih. PT KAI bakal menggratiskan biaya angkut motor dengan kereta, bagi pemudik yang mau memboyong kendaraan roda dua atau motornya ke kampung halaman. 

Para pemudik hanya dikenakan biaya untuk tiket penumpangnya saja, sementara PT KAI menggratiskan biaya untuk pengangkutan motor. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai melakukan peninjauan di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan Stasiun Pasar Senen, Kamis (7/4/2022).

Kebijakan itu, menurut Budi, sesuai dengan arahan dari Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Atas dasar arahan tersebut, Budi meminta PT KAI untuk tidak memungut biaya bagi motor yang dibawa oleh pemudik.

"Kemenhub juga akan mengadakan mudik gratis dengan motor, tapi orangnya bayar kalau naik kereta api. Kalau yang dengan bus disediakan dengan truk, untuk motornya juga gratis,” bebernya.

Berdasarkan laporan dari Dirjen Perkeretaapian PT KAI Zulfikri, jumlah warga yang akan mudik melalui jalur kereta diperkirakan mencapai 7,6 juta warga. Dengan begitu, PT KAI diimbau untuk melaksanakan persiapan mudik Lebaran dengan baik, serta melakukan kontrol secara detail.

Ia menambahkan, hal yang paling penting bagi para pemudik, wajib sudah divaksin booster. (tim redaksi)

#pemudik
#mudiknaikmotor
#ptkai
#biayaangkutmotorgratis
#angkutmotordikereta
#mudikaman
#kemenhub
#menhubbudikaryasumadi
#mudiklebaran

Tidak ada komentar