Breaking News

Indonesia Negara Paling Banyak Konsumsi Mie Instan, Wings Food Tambah Varian

Peluncuran varian baru mie sedaap. Foto : welfare.id/ dewi maryani

WELFARE.id-Bukan rahasia lagi kalau mie instan adalah makanan andalan orang Indonesia. Terutama anak kos. Hal itu dikarenakan mi instan mudah dimasak, praktis, nikmat dan harganya terjangkau. 

Saking populernya kebiasaan mengkonsumsi mie instan ini, Indonesia bertengger di urutan kedua negara yang paling banyak mengonsumsi mi instan. Faktanya selain Indonesia, sajian ini juga digemari oleh berbagai kalangan di negara lain, termasuk Vietnam, India, Filipina dan bahkan Amerika. 

Berdasarkan data terbaru dari World Instant Noodles Association (WINA), dan dikutip dari @asumsico, berikut enam negara pemakan mie instan terbanyak di dunia. 

1. Tiongkok 

Menurut World Instant Noodles Association (WINA) tercatat ada 46,350 juta porsi mie instan yang dikonsumsi oleh masyarakat Tiongkok. 

2. Indonesia 

Indonesia sendiri menempati peringkat kedua negara dengan konsumsi mie instan terbanyak di dunia. Tercatat sebanyak 12,640 juta porsi yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2020. 

3. Vietnam 

Vietnam tercatat telah menghabiskan 7,030 juta porsi mie instan, angka tersebut dinilai meningkat 30 persen dibandingkan tahun 2019 

4. India 

Negara ini tercatat telah menghabiskan 6,730 juta bungkus mie instan, angka ini terbilang terus meningkat dari tahun 2016. 

5. Jepang 

Negara yang menjadi pelopor mie instan pertama kali ini telah menghabiskan 5,970 porsi mie instan pada tahun 2020. 

6. Amerika Serikat 

Selain populer di Asia, ternyata mie instan juga populer di Amerika Serikat. Pada tahun 2020, tercatat Amerika Serikat menghabiskan 5,050 juta porsi mie instan yang membuat negara ini menduduki posisi 6 konsumsi mie instan terbanyak di dunia. 

Tak heran, pertumbuhan bisnis ini terus terjadi. Misalnya saja brand mi instan milik Wings Group, Mie Sedaap, berhasil mencatatkan pertumbuhan yang positif, bahkan di atas rata-rata pertumbuhan kategori mi instan. Sebab, mampu mencatatkan pertumbuhan 5,8 persen sepanjang 2021. 

Jane Margaretha, Brand Manager Mie Sedaap mengatakan, berdasarkan Nielsen dari seluruh penjualan varian soto dari Mie Sedaap menduduki posisi unggul atau nomor satu di Indonesia dengan 7,4 persen volume market share. 

''Melihat pertumbuhan positif di kategori mi instan di Tanah Air, mi instan produksi Wings Food ini pun senantiasa berkomitmen untuk memberikan excitement kepada para konsumen melalui inovasi rasa yang dimilikinya,'' ungkap Jane di sela peluncuran Mie Sedaap Soto Madura, di Jakarta, dikutip Senin (25/4/2022). 

Untuk itu, pihaknya menghadirkan varian kuah pertama di kategorinya yaitu Mie Sedaap Soto Madura. Setelah sebelumnya menghadirkan varian Salero Padang dan Ayam Bakar Limau. 

Dengan target konsumen ke anak muda usia 17-25 tahun dan bergaya hidup aktif. Seiring dengan tren masa kini, anak muda punya kegemaran untuk wisata kuliner di berbagai tempat nongkrong pergaulan atau lokasi pariwisata. 

Menurut Jane, hobi wisata kuliner ini tidak membatasi pilihan makanan dan karena hobi ini anak muda jaman sekarang terbiasa lidahnya untuk mencoba berbagai macam rasa tidak hanya rasa internasional tapi juga masakan khas dari indonesia juga semakin digemari oleh anak muda. 

Segmen Nikmat HQQ Series menjawab consumer insight dengan mengangkat citarasa makanan lokal khas daerah dan memberikan sentuhan inovasi pada produk sehingga memiliki keunikan tersendiri. 

''Soto merupakan makanan nasional Indonesia yang bisa ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, varian Soto Madura dipilih karena memiliki citarasa unik yang dibuat dengan rempah khas Madura,'' pungkasnya. (tim redaksi) 

#mie
#mieinstan
#kuliner
#miesedaap
#sotomadura
#makanmakan

Tidak ada komentar