Breaking News

Ikut Demo Serentak 11 April, Ribuan Mahasiswa Kaltim Bakal Geruduk DPRD Suarakan 3 Tuntutan!

Demo mahasiswa. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Sejumlah elemen mahasiswa dan masyarakat bakal bergerak melakukan aksi unjuk rasa serentak secara nasional, Senin (11/4/2022). Di Samarinda, unjuk rasa mahasiswa akan dipusatkan di kantor DPRD Kaltim di Jalan Teuku Umar, Loa Bakung, Sungai Kunjang. 

Rencananya, massa yang akan ikut berunjuk rasa di Kota Tepian berjumlah ratusan bahkan bisa mencapai seribuan orang. Korlap II Aliansi Mahakam Alfonsius Rimba kepada wartawan mengatakan, puluhan organisasi mahasiswa sudah menyatakan akan bergabung dalam aksi unjuk rasa hari ini. 

Mereka sepakat untuk bersama-sama dalam Aliansi Mahakam menyuarakan tuntutan, yakni menolak perpanjangan masa jabatan presiden, serta menolak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) dan pajak pertambahan nilai (PPN). "Kami aksi dari pagi sampai target terpenuhi. Lokasi dipusatkan di DPRD Kaltim,” kata Alfonsius Rimba.

Aksi yang digelar, Senin (11/4/2022) merupakan lanjutan dari aksi-aksi unjuk rasa yang sebelumnya digelar Aliansi Mahakam untuk menolak kenaikan BBM dan tarif PPN 11 persen. Aliansi Mahakam, sebut dia, menilai kebijakan-kebijakan rezim Presiden Jokowi tersebut membuat masyarakat semakin susah. 

Harga-harga barang dan kebutuhan pokok masyarakat naik. Rakyat semakin tercekik. 

Tak hanya itu, Aliansi Mahakam juga mengkritik wacana penundaan pemilu atau perpanjangan periode masa jabatan Presiden Jokowi. Bagi Aliansi Mahakam, wacana tersebut menunjukkan nafsu politik dan kepentingan oligarki. 

"Tidak ada urgensinya sama sekali menunda pemilu. Wacana itu sangat bertentangan dengan konstitusi dan mengkhianati reformasi,” tegasnya.

Ia menambahkan, aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa dan masyarakat yang tergabung di Aliansi Mahakam merupakan bentuk pengawalan, terhadap keputusan yang abai terhadap rakyat. Mahasiswa, kata dia, akan terus melakukan aksi unjuk rasa hingga perjuangan atas tuntutan mereka dipenuhi. (tim redaksi)

#aliansimahasiswakaltim
#unjukrasa
#ikutdemoserentak
#demonstrasimahasiswa
#tolakkenaikanharga
#tolakkenaikanpajak
#tolakjokowitigaperiode
#aliasimahakam

Tidak ada komentar