Breaking News

Hotman Paris Keluar dari Peradi, Otto Hasibuan: Masih Dipertimbangkan


Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea. Foto: Instagram @hotmanparisofficial

WELFARE.id-Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea kembali membuat berita. Kalau biasanya celetukannya soal bantuan hukum kepada masyarakat, kini dia mengumumkan pengunduran dirinya dari organisasi Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

Hotman menyebut, dirinya kini berpindah keanggotaan ke Dewan Pengacara Nasional (DPN) Indonesia. Hal itu ia katakan di dalam video yang diterima wartawan, Sabtu (16/4/2022).

Hotman terlihat menunjukkan kartu tanda anggota (KTA) organisasi barunya tersebut. Di video itu dia juga didampingi oleh Presiden DPN Faizal Hafied.

"Halo hebat Dewan Pengacara Nasional indonesia. Mari kita majukan harkat dan taraf hidup advokat di Dewan Pengacara Nasional Indonesia," kata Hotman dalam video tersebut.

"Muda, maju, jaya, sukses," saut Faizal. Lalu, di video itu juga, menunjukkan KTA baru Hotman. 

Pengacara nyentrik itu terlihat mengenakan jas berwarna merah pada foto di KTA itu. Sementara itu, Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan mengaku masih mempertimbangkan pengunduran diri Hotman Paris sebagai anggota Peradi. 

Otto beralasan, pengunduran diri Hotman Paris menyalahi aturan perundang-undangan. "Jadi intisarinya adalah pengunduran dia itu sedang kita pertimbangkan, karena kita akan membahasnya dari sudut pandang UU Advokat," kata Otto, melansir detikcom, Sabtu (16/4/2022).

Otto menyebut, pertimbangan itu berdasarkan UU Advokat. Sebab Pasal 30 ayat 2 UU Advokat menyatakan setiap Advokat yang diangkat berdasarkan Undang-undang wajib menjadi anggota Organisasi Advokat.

Otto menyebut Peradi adalah organisasi advokat yang dimaksud dalam UU tersebut. Tak hanya itu, menurutnya, yang sah dinyatakan oleh Mahkamah Agung adalah Peradi yang dipimpinnya.

"Karena begini, karena UU Advokat menyebutkan Pasal 30 setiap advokat itu wajib menjadi organisasi advokat, nah organisasi advokat yang dimaksud dalam UU itu adalah Peradi," ucapnya.

"Ya Peradi, tentu kita dong yang sah, menurut putusan MA kan kita yang disahkan," lanjutnya. (tim redaksi)

#hotmanparishutapea
#keluardariperadi 
#pengacaranyentrik
#dewanpengacaranasional
#ketumperadi
#ottohasibuan

Tidak ada komentar