Breaking News

Hari Bumi, Saatnya Jaga Kelestarian Lingkungan

Menggunakan tumbler turut menjaga bumi dari pencemaran limbah plastik. Foto : ist

WELFARE.id-Hari ini, Jumat (22/4/2022), diperingati sebagai Hari Bumi atau Earth Day. Setiap tahunnya diperingati di seluruh dunia. Sejarah peringatan Hari Bumi tak terlepas dari gerakan lingkungan untuk meningkatkan kesadaran manusia terhadap planet yang kita tinggali ini. 

Tahun ini, tema Hari Bumi 2022 mengusung "Invest in Our Planet", yang berisi kampanye ajakan untuk menjaga kelestarian lingkungan sebagai bagian dari investasi di masa depan. 

Isu lingkungan dan perubahan iklim masih menjadi sorotan dan gerakan yang terus digaungkan dalam setiap perayaan Hari Bumi ini setiap tabunnya. 

Selain itu, terdapat sub tema Earth Day 2022 "Nature in the Race to Zero" yang menyorot pengurangan emisi gas rumah kaca untuk menjaga suhu global tetap di bawah 1,5 derajat celsius. ''Inilah saatnya untuk mengubah semuanya seperti iklim bisnis, iklim politik, dan bagaimana kita mengambil tindakan terhadap iklim,'' tulis laman Earthday.org. 

Peringatan ini mengajak orang-orang untuk menunjukkan dukungannya terhadap aksi perlindungan lingkungan. 

Hari Bumi pada awalnya bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap planet yang ditinggali oleh manusia saat ini yaitu bumi. Pertama kali dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, pada tahun 1970. Dia adalah seorang pengajar di bidang disiplin ilmu lingkungan hidup. 

Hari Bumi awalnya berangkat dari gerakan lingkungan modern yang terjadi pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Disebutkan, pada tahun 1960-an sampai 1970-an, Amerika Serikat mengalami gejolak ekonomi dan politik. 

Masyarakat AS mengisap gas bertimbal dalam jumlah besar karena pabrik-pabrik menghasilkan asap dan lumpur yang tak terkontrol. Polusi udara di mana-mana. Sayangnya, masih banyak orang yang belum sadar akan masalah lingkungan dan dampaknya pada kesehatan manusia. 

Akhirnya pada 1962, Rachel Carson menerbitkan buku berjudul Silent Spring yang menyoroti masalah lingkungan, terutama bahaya pestisida di pedesaan Amerika. Berangkat dari isu lingkungan di Amerika ini lah, sejarah Hari Bumi tercipta dan Hari Bumi Sedunia terus diperingati untuk mendorong kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya menjaga Bumi dari kerusakan lingkungan.   

Kampanye Bawa Tumbler Sendiri 

Salah satu bahan yang merusak lingkungan adalah plastik. Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, limbah plastik di Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun dan Studi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di tahun 2018 memperkirakan sekitar 0,26 juta – 0,59 juta ton plastik mengalir ke laut. Keprihatinan ini menggerakkan LocknLock untuk turut serta bertanggungjawab menanggulangi masalah ini dimana akan berdampak buruk pada perubahan iklim global. 

Melihat hal itu, LocknLock Indonesia, mengkampanyekan #BawaTumblerSendiri dengan mengajak para konsumen lebih peduli lingkungan dan berpartisipasi mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai. Dalam kampanye ini LocknLock juga mengajak konsumen untuk beralih menggunakan botol ramah lingkungan yang bisa dipakai ulang. 

''Ini merupakan wujud kepedulian Kami terhadap lingkungan dan turut serta membantu pemerintah Indonesia dalam menanggulangi permasalahan sampah plastik sekali pakai dimana ini menjadi tanggungjawab kita bersama,'' ujar Presiden Direktur LocknLock Indonesia, Kim II Hyeon. 

Melalui kampanye tersebut, pihaknya mengajak para konsumen untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai saat beraktivitas sehari – hari dan mulai beralih ke tumbler ramah lingkungan yang bisa dipakai berulang. 

Karena itu, pihaknya memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mendapatkan tumbler LocknLock baru  dengan menukarkan tumbler LocknLock lama yang sudah tidak terpakai atau rusak melalui Trade In Promo yang ada di Flagship Store LocknLock AEON Mall BSD dan Lippo Mall Kemang Puri dari tanggal 22 April – 8 Mei 2022. ''Tumbler lama dari konsumen yang sudah terkumpul akan kita daur ulang menjadi barang yang lebih berguna seperti tas, meja, kursi dan masih banyak lagi,'' tambahnya. (tim redaksi) 

#haribumi
#earthday
#cintaibumi
#investinourplanet
#locknlock
#kurangisampahplastik

Tidak ada komentar