Breaking News

Geliat Parsel Lebaran, Laris Manis sebagai Media Silaturahmi

Parsel Lebaran. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Lebaran sebentar lagi. Salah satu bisnis musiman yang menjamur mendekati momen tersebut adalah parsel atau bingkisan hari raya.

Bisnis musiman ini berlangsung biasanya mulai H-14 hingga H+7. Parsel yang ditawarkan beragam, bisa makanan dan minuman kemasan, piring dan cangkir, peralatan salat dan mengaji, atau juga aneka kue kering.

Warga Jakarta biasanya membeli parsel atau hampers Lebaran di Pasar Cikini, Jakarta Pusat. Selain banyak ragam, juga harganya lebih bersahabat.

Mendekati hari Lebaran, sejumlah pedagang parcel mulai bermunculan di Pasar Kembang Cikini, Jakarta Pusat. Deretan lapak pedagang musiman tersebut sudah terlihat menjajakan dagangannya dengan jenis yang beragam.

Mulai dari paket makanan, hingga paket piring dan gelas. Aisyah, salah satu pedagang parsel di Cikini mengaku sudah mulai jualan sejak awal Ramadan.

Tapi diakuinya, pemesanan baru bermunculan seminggu belakangan. "Tahun ini sih kayaknya lumayan, soalnya kantor-kantor sudah buka lagi. Jadi sudah banyak yang pesan," akunya, tanpa merinci berapa banyak pesanan yang dia terima.

Peningkatan pemesanan juga diakui Boim. Pedagang parsel di Cikini itu juga mengakui, geliat masyarakat untuk berbelanja parsel Lebaran sudah mulai terasa.

Aneka parsel dibanderol berbeda-beda, tergantung isinya.  Di lapaknya, Boim membandrol dari harga Rp150 ribuan untuk parsel makanan dan Rp300 ribuan untuk bingkisan yang berisi piring dan gelas.

Sementara, untuk paket yang termahal dibanderol hingga Rp1,8 juta. Lain lagi cerita pedagang parsel di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Pelaku usaha kue kering di kompleks Surya Mas, Banjarbaru, Kalimantan Selatan mengaku kebanjiran order. Bahkan mengalami peningkatan produksi dari 7.000 menjadi 8.000 stoples untuk dijadikan hampers lewat keranjang anyaman bambu.

Dia bahkan mampu meraup omset hingga Rp100 juta di momen Ramadan dan Lebaran. Banjirnya pesanan juga dialami pelaku usaha kue di Kompleks Citraland, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Meski demikian, Patricia Adeline Limantara tidak merincikan jumlahnya. Namun setiap pelanggannya kerap memesan sedikitnya 50 hampers untuk dibagikan kepada kerabat terdekat.

Pemilik bisnis parsel di Jambi, Nina, juga mengaku mendapat orderan parsel yang cukup banyak. Pemilik toko Parsel yang berada di Jalan Mayor Abdul Karta Wirana Budiman depan Mall Lippo Kota Jambi, sudah ada 30 pesanan parsel dari satu perusahaan.

Itu belum termasuk pesanan dari perusahaan lain dan perorangan.

"Sudah lumayan banyak permintaan. Hari ini saja tadi ada permintaan 30 parsel dari salah satu perusahaan. Jadi kita optimistis sampai Idul Fitri nanti jumlah permintaan semakin meningkat," ujarnya.

Jika dibandingkan hari besar lainnya seperti Natal dan Tahun Baru Imlek, momen Idul Fitri paling banyak permintaan. "Hari besar lainnya ada juga permintaan tetapi tidak sebanyak pada saat lebaran Idul Fitri. Untuk tahun ini sudah ada ratusan pesanan," akunya.

Untuk harga parsel sendiri beragam. Mulai dari Rp 200ribuan hingha Rp1,5 jutaan, tergantung ukuran dan jenis barang yang ada di dalam parsel. 

Sementara itu, Aisyah Aminy yang menjual pernak pernik hampers di Instagram @seventeencraft, mengaku sudah meraup omset sekitar Rp8-9 juta. Dia menceritakan awal mula membuat hampers sejak 2020. 

Namun dia benar-benar baru menjalankannya di 2021. Wanita yang tinggal di Depok, Jawa Barat itu membuat desain hampers yang berbeda dengan tahun lalu. 

Kali ini, Aisyah mmembuat beragam hampers, isinya mulai dari perlengkapan alat salat, tas dan kue lebaran. "Walaupun rata-rata bingkisan Lebaran identik dengan kue-kue kering. Aku pengen hampersku ini unik. Misalnya ada boneka tema Idul Fitri atau barang-barang yang mendukung untuk Hari Raya. Contoh sajadah, tasbih, dan lain-lain dan aksesori Idul Fitri yang lainnya. Nggak lupa juga packagingnya mesti unik," jelasnya.

Dirinya menyediakan empat variasi produk hampers dengan harga mulai dari Rp185 ribu. Isi hampers terdiri dari tas bahan PVC premium beserta hangtag, satu toples kue, dekorasi ketupat dan akrilik serta sajadah traveling. 

Hampers tak lupa dilengkapi dengan kartu ucapan. Ada juga paket hampers seharga Rp235 ribu yang isinya tas PVC premium tebal, premium hangtag, mini bag croco, brownies kering, sajadah traveling, tasbih digital, dan kartu ucapan. (tim redaksi)

#parsellebaran
#hampers
#makanan
#kuekering
#alatsalat
#omsetpenjualan
#bisnismusiman
#pasarcikini

Tidak ada komentar