Breaking News

Digoyang Gempa Magnitudo 5,8, Warga Biak Numfor Berlarian Keluar Rumah

Ilustrasi alat seismograf pendeteksi gempa. Foto: Flickr

WELFARE.id-Provinsi Papua kembali diguncang gempa. Kali ini, gempa berkekuatan magnitude 5,8 mengguncang Kabupaten Yapen, Minggu (17/4/2022) pukul 14.49 WIT.

Gempa cukup besar itu terasa hingga Kabupaten Biak Numfor. Akibatnya, warga berlarian berhamburan keluar rumah guna menghindari getaran gempa bumi yang cukup terasa goncangannya tersebut. 

"Getaran gempa cukup terasa di Biak Numfor sehingga kami keluar rumah menghindari dampak gempa. Kami khawatir bangunan ambruk," ucap Handayani seorang warga saat ditemui di depan rumahnya, Minggu (17/4/2022). 

Senada, Andrian warga Biak Numfor lainnya mengatakan kalau getaran gempa yang terjadi di Kepulauan Yapen sangat terasa di Kabupaten Biak Numfor. Akibatnya, kata Andrian juga, warga banyak yang keluar rumah. 

"Keluarga ikutan berlarian keluar rumah untuk menghindari gempa bumi yang getarannya sangat terasa. Kami berlari menuju tanah lapang untuk menghindari bangunan roboh," paparnya juga. 

Sementara itu, Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setyo Prayitno dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Yapen, Provinsi Papua itu tidak berpotensi tsunami.

Ia menambahkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo mencapai magnitudo 5,5 dengan goncangan cukup terasa oleh masyarakat. 

Sedagkan episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 1,39 Lintang Selatan, 136,99 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 39 kilometer (km) arah timur Aimando Padaido, Biak Numfor, Papua pada kedalaman 35 km.

Berdasarkan laporan BMKG, pusat gempa itu berada di laut pada kedalaman 10 km di koordinat 1,24 Lintang Selatan dan 137,04 Bujur Timur, sekira 111 km timur laut Kepulauan Yapen.

Gempa yang menurut BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami itu getarannya dirasakan di Biak pada skala II sampai III MMI dan di Serui pada skala III MMI. Hingga saat ini belum dapat diperoleh adanya laporan adanya dampak gempa bumi magnitudo 5,8 yang dialami warga Biak Numfor tersebut. (tim redaksi)

#bencanaalam
#gempabumi
#kabupatenyapen
#kabupatenbiaknumfor
#provinsipapua
#bmkg
#kepalapusatgempabumidantsunami 
#bambangsetyoprayitno

Tidak ada komentar