Breaking News

Covid Tak Lagi Jadi Prioritas APBN 2023, Alokasi Anggaran Fokus untuk Reformasi Kesehatan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Tahun depan, alokasi APBN 2023 tak lagi difokuskan untuk penanganan COVID-19. Pemerintah memprediksi, Covid tak lagi mendominasi, sehingga anggaran akan dialokasikan untuk non-penanggulangan Covid.

Hal itu dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menyebutkan, anggaran kesehatan dalam penyusunan APBN 2023 diutamakan pada belanja yang tidak berkaitan dengan penanggulangan COVID-19. "Karena tahun depan diperkirakan Covid tidak lagi menjadi faktor, maka belanja kesehatan untuk non-COVID akan menjadi lebih penting," kata Sri Mulyani saat memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas Rancangan Rencana Kerja Pemerintah dan Pagu Indikatif Tahun 2023 yang dipantau secara virtual, Jumat (15/4/2022).

Dia menyebut, anggaran kesehatan termasuk dalam salah satu prioritas pada tiga tahun terakhir ini. Karena pandemi COVID-19, anggaran kesehatan meningkat pada 2020 menjadi Rp172 triliun, dari sebelumnya hanya Rp113 triliun.

Dengan rincian, sebanyak Rp52,4 triliun di antaranya untuk penanganan COVID-19. Kemudian pada 2021, anggaran kesehatan melonjak menjadi Rp312 triliun, di mana Rp190 triliun di antaranya untuk penanganan COVID-19 termasuk pengadaan vaksin.

"Dan untuk tahun ini, diperkirakan belanjanya mencapai Rp255 triliun, di mana Rp116,4 triliun adalah untuk Covid," paparnya. Pemerintah memperkirakan belanja kesehatan untuk non-Covid pada tahun ini sebesar Rp139 triliun, kemudian akan dinaikkan menjadi Rp155 triliun sampai Rp193,7 triliun pada APBN 2023.

Peningkatan anggaran untuk non-Covid ditujukan untuk mendukung reformasi di bidang kesehatan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan. Utamanya, untuk memberikan jaminan kesehatan nasional.

Selain itu, sambungnya, anggaran juga difokuskan untuk meningkatkan kesiapsiagaan kesehatan, mendukung pembangunan sarana dan prasarana kesehatan terutama di daerah, serta melakukan peningkatan layanan kesehatan dan penurunan stunting atau kekerdilan. (tim redaksi)

#apbn2023
#fokusnoncovid
#layanankesehatan
#penurunanstunting
#ekonominasional
#menterikeuangan
#srimulyaniindrawati

Tidak ada komentar