Breaking News

Catat! Korlantas Polri Bakal Terapkan One Way dan Ganjil Genap di Arus Mudik Lebaran 2022

Arus mudik sebelum pandemi COVID-19. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Arus mudik tahun ini diperkirakan bakal membludak. Warga yang hendak kembali ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga diprediksi mencapai 200 ribu kendaraan.

Melihat kemungkinan melonjaknya pemudik tahun ini, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menerapkan kebijakan one way dan sistem ganjil genap saat arus mudik Lebaran 2022.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, kebijakan ini diambil lantaran diprediksi akan ada sekitar 47 persen atau 200 ribu kendaraan yang akan mudik secara bersamaan.

"Pada pelaksanaan mudik akan kita terapkan kebijakan one way dan ganjil genap bersamaan," kata Firman kepada wartawan, dikutip Kamis (14/4/2022). Menurutnya, polri akan menerapkan kebijakan tersebut, apabila sistem contra flow tidak mampu mengurai kepadatan arus lalu lintas nantinya.

Ia menyebut, langkah itu perlu diambil agar kendaraan tetap bisa bergerak atau melintas dan tidak terjebak kemacetan parah di ruas jalan tol. "Oleh karena itu dibutuhkan management kapasitas jalan. 

Paling sederhana kita akan menambah satu lajur berupa contra flow, jika masih kurang juga, kita akan melakukan one way dari arah Jakarta menuju arah Timur," bebernya.

Namun, kebijakan tersebut jika diterapkan, akan berimbas pada kendaraan yang akan ke arah Jakarta. Mereka mungkin tidak bisa melintas di ruas jalan tol.

Tapi, dirinya memastikan, akan ada petugas yang bakal memberikan arahan atau panduan kepada para pengendara jika kebijakan one way diberlakukan. "Ada petugas yang memandu. 

Tidak akan membiarkan anggota masyarakat memasuki tol gate masing-masing, tapi akan diluruskan mengarah melalui jalur arteri untuk menghindari pemborosan bahan bakar dan waktu tunggu yang lama," ulasnya lagi.

Maka itu, masyarakat diminta terus memantau kebijakan arus mudik sebelum berangkat. Baik dari arah keluar Jakarta, maupun sebaliknya.

"Kami menyarankan mereka yang akan bergerak ke arah Jakarta menyimak kapan one way kami akhiri, sehingga kita harapkan layanan prima jalan dimaksimalkan," tambahnya.

Dirinya menyarankan, masyarakat perlu menyiapkan diri dan benar-benar memastikan apakah kendaraannya bisa melintas saat ganjil genap diterapkan. "Masyarakat bisa menyiapkan diri sebelum berangkat, kendaraan yang digunakan berpelat nomor apa, sehingga tahu kapan waktu melintas," sarannya. (tim redaksi)

#contraflow
#ganjilgenap
#aruslalulintas
#korlantaspolri
#jalantol
#pelatnomor
#kebijakanoneway
#menguraikepadatanarusmudik

Tidak ada komentar