Breaking News

Bongko Kopyor, Makanan Khas Berbuka Puasa di Kabupaten Gresik

Bongko kopyor, takjil favorit warga Kabupate Gresik, Jawa Timur, untuk berbuka puasa. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Suku bangsa di Indonesia sangat beragam. Jadi jangan heran bila setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing. Saat Ramadan ini, terdapat makanan khas untuk berbuka puasa. 

Seperti di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Di daerah itu menu takjil favorit warga adalah bongko kopyor. Tak heran jika makanan tersebut banyak dijual dan dijajakan di tepi jalan selama Ramadan ini. 

Salah satu produsen bongko kopyor yang masih eksis hingga kini ada di Desa Manyar Sidomukti, Kecamatan Manyar adalah Rohmatul Agustina. Ia mendapatkan keahlian membuat bongko kopyor secara turun-temurun.

"Bongko kopyor ini hanya dibuat saat bulan Ramadan saja," terangnya, Jumat (15/4/2022). Ia memaparkan, bongko kopyor terbuat dari beberapa bahan makanan. Yakni, roti, irisan pisang dan nangka, kelapa muda dan santan. 

Semua bahan dipadukan lalu dikemas menggunakan daun pisang. Selanjutnya, adonan dikukus hingga matang. "Bongko kopyor sangat identik dengan aroma harum buah nangka dan daun pisang," ujarnya. 

Perempuan berusia 23 tahun ini juga mengatakan saat ini mulai banyak bongko kopyor yang dikemas dengan plastik. Namun, Rohmatul tetap memproduksi bongko kopyor dengan kemasan daun pisang.

"Tetap beda dong rasanya. Bongko kopyor yang dibungkus daun pisang pasti lebih berselera," ujar Rohmatul juga.
Setiap hari, ia memproduksi 100 bungkus bongko kopyor yang dia jual dengan harga Rp7.000 per bungkus.

"Bongko kopyor kini sudah banyak dikenal orang. Jika dulu hanya dijual di Manyar saja, tapi sekarang penjual bongko kopyor sudah tersebar hampir di seluruh Kota Gresik," tandasnya juga. (tim redaksi)


#ramadan
#makanankhasdaerah
#pesisirtimurjawa
#kabupatengresik
#provinsijawatimur
#bongkokopyor

Tidak ada komentar