Breaking News

Bolsel Diguncang Gempa Magnitudo 5,2 Dini Hari Tadi, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi. Foto: ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali melaporkan terjadinya gempa bumi. Kali ini, gempa dengan magnitudo (M) 5,2 mengguncang wilayah Bolaanguki, Bolsel, Sulawesi Utara, Senin (18/4/2022) dini hari. 

Gempa dilaporkan tidak berpotensi tsunami. Namun, warga di wilayah pusat gempa dan sekitarnya sempat merasakan kepanikan.

Berdasarkan laporan di website BMKG, pusat gempa berada pada 54 kilometer barat laut Bolanguki. Dengan titik koordinat gempa yakni 0.04 Lintang Selatan (LS) dan 123.73 Bujur Timur (BT). 

"#Gempa Magnitudo: 5.2, Kedalaman: 128 km, 18 Apr 2022 03:37:20 WIB, Koordinat: 0.04 LS-123.73 BT (54 km BaratDaya BOLAANGUKI-BOLSEL-SULUT), Tidak berpotensi tsunami," tulis keterangan BMKG, Senin (18/4/2022).

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam laman Instagram @infobmkg menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter serta kedalaman hiposenternya, gempa bumi masuk kategori gempa menengah. "Gempa tersebut terjadi akibat adanya deformasi Lempeng Laut Maluku," tulisnya.

Menurutnya, gempa berdampak dan bisa dirasakan di daerah Luwuk dengan skala intensitas II-III MMI. Ia mengingatkan masyarakat sekitar untuk berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. 

"Terpantau hingga pukul 04.00 WIB hasil monitoring BMKG belum menunjukkan tanda-tanda adanya gempa susulan," ujarnya lagi dalam keterangan tersebut. Pihaknya juga meminta warga tetap tenang dan tidak mudah percaya terhadap informasi-informasi yang menyesatkan. (tim redaksi)

#gempabumi
#bolaanguki
#bolselsulut
#bencanaalam
#gempa
#waspadagempasusulan
#takberpotensitsunami
#bmkg

Tidak ada komentar