Breaking News

Bincang Ngopi tentang Olahraga Bengkulu, Haris Pertama: KNPI Dukung Prestasi Para Pemuda!

Ketum DPP KNPI Haris Pertama bersama Ketua DPP KNPI Bengkulu Ahmad Tenry Yusfik Tohir dan Kadispora Bengkulu Atisar Sulaiman saat Talk Show Ngobrol Pagi Khas Bengkulu di BETV. Foto: Screenshoot BETV

WELFARE.id-Ketua Umum (Ketum) DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama hadir dalam acara Talk Show Ngopi atau Ngobrol Pagi Khas Bengkulu di BETV bertajuk Bersama Pemuda Bangun Olahraga Bengkulu ”Energy of Harmony”. 

Dalam acara itu juga hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman dan 
Ketua DPD KNPI Provinsi Bengkulu Ahmad Tenry Yusfik Tohir atau yang akrab disapa Aten. 

Dalam bincang-bincang itu, Aten yang baru dilantik menjadi Ketua DPD KNPI Provinsi Bengkulu pada 15 April 2022 mengatakan kalau pihaknya usai dilantik DPP KNPI tengah melakukan penataan organisasi di 9 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Bengkulu. 

”Organisasi KNPI tingkat kabupaten dan kota sudah nyaris 100 persen terbentuk. Bahkan, kami tahun ini berencana mengaktifkan lagi pengurus KNPI di tingkat kecamatan yang jumlahnya 129 kecamatan tahun 2022 ini,” terang Aten. 

Bukan itu saja, Aten juga mengatakan DPD KNPI Provinsi Bengkulu yang dia pimpin juga berencana mengaktifkan lagi kepengurusan KNPI yang ada di 1.341 desa dan 179 kelurahan yang ada di Provinsi Bengkul. 

”Dengan aktifnya kepengurusan KNPI mulai tingkat desa/kelurahan dan kecamatan hingga kabupaten/kota akan menggerakan organisasi kepemudaan nantinya dengan berbagai kegiatan positif. Termasuk olahraga,” katanya juga. 

Sementara itu, Ketum KNPI Haris Pertama mengatakan kegiatan utama dalam waktu dekat ini akan menggelar Kongres Pemuda XVI yang akan digelar di Provinsi Maluku Utara (Malut) pada akhir 2022 ini. 

”Saat ini, KNPI sudah ada kepengurusan di 328 kota/kabupaten di Indonesia yang memiliki berbagai potensi-potensi. Salah satunya penemuan beras varietas ungu oleh DPP KNPI di salah satu daerah di Jawa Tengah. Beras ini akan kami dorong untuk disahkan pemerintah,” terangnya.

Haris Pertama juga mengatakan kalau beras ungu atau beras kesehatan temuan pemuda anggota KNPI ini juga sudah dipromosikan kepada organisasi pemuda tingkat dunia yang KNPI Indonesia menjadi salah satu anggotanya. ”Beras ini sudah disampaikan ke PBB,” kata Haris juga. 

Haris juga mengatakan kalau keberadaan KNPI terutama di tingkat daerah bisa menciptakan calon pemimpin-pemimpin yang bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mendukung kemajuan daerah dengan berbagai potensi yang bisa digali di daerah tersebut. 

”Kami juga mendukung program vaksinasi COVID-19 untuk tingkat nasional karena jejaring organisasi kami hingga tingkat daerah. Kami juga banyak membantu dalam kesiapsiagaan bencana alam. Pak Doni Manardo, mantan Ketua BNPB mengakui peran KNPI itu,” ucap Haris juga. 

Terkait peran KNPI membangun olahraga di Provinsi Bengkulu, Ahmad Tenry Yusfik Tohir mengatakan pihaknya akan mendukung para pemuda yang memiliki prestasi olahraga. ”Contoh sederhana yang akan kami lakukan, saat HUT KNPI kami menggelar kejuaraan futsal antar OKP di Provinsi Bengkulu,” terangnya.

Sedangkan Haris Pertama mengatakan sejak dirinya dilantik jadi Ketum KNPI maka langsung membenahi kepengurusan DPD KNPI Provinsi Bengkulu yang sempat vakum. Sejak Musda 2018 hingga kini pengurus KNPI setempat sudah berperan dalam bidang olahraga. 

Bahkan, Haris Pertama juga menyinggung bukan hanya dalam bidang olahraga tapi juga potensi-potensi alam di Provinsi Bengkulu yang sangat indah untuk pariwisata dan sudah ada peran pemuda yang melakukan penggalian potensi tersebut. 

”Untuk bidang olahraga nanti teman-teman di DPD provinsi dan kabupaten/kota melihat potensi-potensi olahraga para pemudanya. Misalnya olahraga catur yang banyak disukai mahasiswa akan didukung. Ada juga potensi e-Sport dari para pemuda dan olahraga lainnya,” kata Haris juga. 

Sedangkan Kadispora Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman akan men-support para pemuda. Terutama OKP yang ada di Bengkulu ini di bawah KNPI. ”Saat ini kami menyediakan satu ruangan untuk para pemuda berdiskusi untuk membahas kegiatan yang positif,” ujarnya. 

Artinya, kata Atisar lagi, Dispora Provinsi Bengkulu akan memfasilitasi apa pun kegiatan para pemuda yang positif terutama bidang olahraga. ”Saya berharap KNPI dan kami berkolaborasi untuk membuat terobosan-terobosan demi kemajuan Provinsi Bengkulu,” ucapnya. 

Bahkan, Atisar sangat berterimakasih kalau DPP KNPI bisa membantu Provinsi Bengkulu dengan program-program dari pusat dengan potensi yang besar tapi memang belum tergarap dengan maksimal. ”Kalau KNPI ada kegiatan bisa dikomunikasikan dengan kami,” paparnya juga. 

Dengan komunikasi, kata Atisar juga, Dispora Provisi Bengkulu akan membantu kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan DPD KNPI Provinsi Bengkulu untuk para pemuda di daerah tersebut. ”Untuk bidang olahraga kami fokus pembinaan di 14 cabor di Bengkulu dan bantuan dana. Meski anggarannya terbatas,” tandasnya juga. (tim redaksi)

 
#dppknpi
#ketumdppknpi
#harispertama
#provinsibengkulu
#ketuadpdknpibengkulu
#ahmadtenryyusfiktohir
#kadispora
#atisarsulaiman

Tidak ada komentar