Breaking News

Bila Lihat ASN Mudik Gunakan Mobil Dinas, Kementerian PAN-RB: Laporkan!

Seorang ASN berdiri dekat deretan mobil dinas milik pemerintah yang dilarang digunakan untuk mudik Lebaran 2022 ini. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Seiring meredanya penularan virus Corona di Tanah Air, masyarakat diperbolehkan mudik atau pulang kampung termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Tapi, para abdi negara itu dilarang membawa mobil dinas. 

Bahkan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meminta masyarakat melaporkan jika menemukan  ASN yang nekat mudik memakai mobil dinas. 

"Kita membuka kanal penyampaian informasi pengaduan bernama ’lapor’ di berbagai instansi. Media pelaporan bisa menjadi ruang masyarakat untuk memberikan informasi," terang Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mohammad Averrouce, Sabtu (16/4/2022). 

Ia juga mengatakan larangan mudik pakai mobil dinas tertuang detail dalam Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB Nomor 13/2022 tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil Negara Selama Periode Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. 

"ASN yang melanggar maka sanksinya telah diatur dalam Peraturan Pemerintah atau PP 94 Tahun 2021 tentang disiplin PNS. Sanksinya dari level ringan, sedang atau berat," tegas Averrouce juga. 

Selain itu, ia juga meminta ASN memperhatikan protokol kesehatan (prokes) dan menyesuaikan waktu keberangkatan hingga pulang agar tidak terjadi penumpukan mudik Lebaran nanti. 

"Tentunya pesan kami, ASN tetap patuh pada protokol kesehatan juga diatur betul waktunya berangkat dan pulangnya, jangan mepet. Karena waktu cuti yang diberikan cukup panjang, untuk itu kita mendorong ASN mengatur waktunya," paparnya juga. 

Untuk diketahui, pemerintah memperbolehkan para ASN mudik ke kampung halaman saat Lebaran.  Namun, ASN dilarang menggunakan mobil dinas. Larangan itu disampaikan Kementerian PAN-RB. 

Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2022 menyebutkan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di masing-masing instansi wajib memastikan seluruh pejabat serta pegawai agar tidak menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan mudik, berlibur, ataupun kepentingan lainnya di luar kepentingan dinas. (tim redaksi)


#lebaran2022
#mudik
#pulangkampung
#mobildinas
#kabirohukumkomunikasidaninformasipublik 
#kementerianpanrb 
#mohammadaverrouce

Tidak ada komentar