Breaking News

Besok, Warga di Wilayah-Wilayah Ini Bisa Melihat Fenomena Pink Moon

Pink moon. Foto: Ilustrasi/ Getty Image/ iStockphoto

WELFARE.id-Fenomena alam pink moon bisa dilihat dengan kasat mata, Minggu (17/4/2022) besok. Indonesian Space Agency, Badan Riset dan Inovasi Nasional (INASA- BRIN) mengungkap sejumlah wilayah yang bisa melihat fenomena pink moon atau bulan merah jambu.

Peneliti INASA BRIN Andi Pangerang menjelaskan, puncak pink moon terjadi pada hari Minggu (17/4/2022) pukul 01.54.58 WIB, 02.54.58 WITA, 03.54.58 WIT. Fenomena ini dikatakan sudah dapat disaksikan sejak Sabtu malam, sekitar 16-18 menit sebelum Matahari terbenam.

"Untuk kota Merauke, pink moon sudah dapat disaksikan sejak pukul 17.17 WIT. Sedangkan di kota Sabang, pink moon baru dapat disaksikan sejak pukul 18.30 WIB," ujar Andi kepada wartawan, dikutip Sabtu (16/4/2022).

Ia menambahkan, fenomena pink moon dapat dilihat selama 12 jam 12 menit di Kota Sabang dan 12 jam 32 menit di Merauke. Ia juga menjelaskan awal mulai fenomena alam ini.

Berawal dari kalender petani di Amerika Serikat, purnama di bulan April bertepatan dengan tumbuhnya bunga Phlox (semacam Geranium), yang berwarna merah jambu. Andi mengatakan, bunga itu hanya tumbuh di benua Amerika. 

Jadi, warna pink tidak merujuk pada purnama yang berwarna pink melainkan fenomena musim yang mencirikan purnama tersebut. "Setiap purnama memiliki namanya masing-masing disesuaikan dengan musim yang terjadi saat itu," paparnya.

Pink moon juga disebut sebagai Purnama Paskah karena beriringan dengan Hari Raya Paskah bagi umat Kristiani dan Hari Raya Pesakh bagi umat Yahudi. (tim redaksi)

#fenomenapinkmoon
#inasabrin
#fenomenaalam
#purnamapaskah
#bulanmerahjambu

Tidak ada komentar